Begini Panduan dan Waktu yang Tepat Konsumsi Apel untuk Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi apel. Unsplash.com/Shelley Pauls

Ilustrasi apel. Unsplash.com/Shelley Pauls

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah apel merupakan makanan kaya serat dan kaya gizi. Apel ukuran sedang mengandung sekitar 5 gram serat. Apel juga dapat membantu pola diet Anda karena bebas lemak, kolesterol, dan sodium serta rendah kalori.

Anda bisa mengganti sarapan karbohidrat dengan sebutir apel. Kebiasaan ini juga dilakukan oleh Washington Apple Commision Staff, Toni Lynn Adam, hampir setiap hari dirinya mengkonsumsi apel sebagai pengganti sarapan berat.

Dengan kandungan non kalori, menurut Tony, apel sumber gizi dan vitamin bagi tubuh dan tentu saja membantu program diet. One day one apple bisa jadi salah tren gaya hidup yang bisa Anda coba. 

"Jadi konsumsi apel bisa kita makan di pagi hari, atau bisa jadi selingan atau brunch antara selesai sarapan dan makan siang, sehingga sebelum makan siang perutnya agak terisi jadi saat lunch tidak terlalu banyak porsinya," ucap Toni yang ditemui dalam acara Washington Apple Week di Jakarta, Kamis 5 Desember 2019.

Washington Apple Commision Staff Toni Lynn Adam saat ditemui di acara Washington Apple Week di Jakarta, Kamis 5 Desember 2019. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Kandungan serat yang ditemukan dalam sebutir apel adalah serat larut yang dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama. Selain di pagi hari pengganti sarapan, mengkonsumsi apel 15 menit sebelum makan siang bisa mengurangi porsi makan.

Toni juga menyarankan untuk menikmati apel dalam keadaan segar dan langsung dinikmati daripada dibuat infused water yang kini sedang tren. Sebab, buah yang dijadikan infused water bisa saja terkontaminasi oleh air yang digunakan.

"Kandungan serat dalam apel akan langsung bisa kita rasakan jika kita langsung konsumsi, kecuali apel hijau atau Granny Smith bisa diolah jadi panganan," ucap Toni.

Selain non-kalori dan kaya serat, manfaat apel juga memberikan energi di pagi hari dan bisa dicoba sebagai pengganti teh atau kopi bagi yang terbiasa minum keduanya. "Karena efek makan apel itu bisa memberi energi dan bikin bangun tidak ngantuk," pungkas Toni.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."