Trik Membuat Bubur Kacang Hijau, Ada Jeda Matikan Kompor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang hijau. Pixabay.com/PDPics

Ilustrasi kacang hijau. Pixabay.com/PDPics

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kandungan gizi kacang hijau sangat baik bagi kesehatan Anda. Kacang hijau atau Vigna radiata adalah biji kecil dan keras berwarna hijau yang termasuk dalam keluarga polong-polongan. Kacang ini sebetulnya berasal dari India, tapi sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia, terutama Tiongkok dan beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kacang hijau digadang-gadang memiliki berbagai manfaat kesehatan karena kandungan kacang ini memang sarat akan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu manfaatnya adalah menangkal radikal bebas karena kacang hijau mengandung zat antioksidan.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat antimikroba atau antijamur sehingga dapat memerangi bakteri, seperti yang menjadi penyebab sakit perut, yakni Heliobacter pylori. 

Manfaat lainnya adalah menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah serta mencegah kanker. Namun, klaim ini masih harus dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

Untuk menikmati kandungan gizi kacang hijau, Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat. Salah satunya adalah bubur kacang hijau. Ada banyak cara dan metode memasak bubur kacang hijau, namun berikut dasar pembuatan yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1. Siapkan 500 gram kacang hijau, 150 g gula pasir, 3 keping gula merah, 130 ml santan instan, dan jahe serta garam secukupnya.

2. Rendam kacang hijau selama 1-2 jam, rebus air di panci, kupas jahe lalu iris tipis, masukkan ke panci.

3. Saat air panci mendidih, masukkan kacang hijau, didihkan selama 5 menit.

4. Matikan api, tutup panci selama 30 menit, kemudian cek dan pastikan kacang hijau sudah mekar.

5. Hidupkan kembali kompor dan didihkan bubur kacang hijau selama 7 menit sambil masukkan gula merah, gula pasir, dan terakhir santan instan. Masak sampai matang.

Selain bubur, Anda juga dapat mengolah kacang hijau dengan cara digoreng, misalnya menjadi peyek (adonan tepung, kacang hijau, dan garam yang dicampur rata kemudian digoreng). Namun, tekstur kacang hijau goreng biasanya lebih keras dibanding bubur kacang hijau.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."