4 Dampak Buruk yang Bisa Dialami Anak saat Orang Tua Bekerja

Ilustrasi anak sedih/murung. Shutterstock.com

keluarga

4 Dampak Buruk yang Bisa Dialami Anak saat Orang Tua Bekerja

Selasa, 26 November 2019 17:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Suami istri bekerja di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga adalah hal yang lumrah terjadi di masa sekarang. Tingginya biaya hidup, menjadi salah satu faktor utama suami istri terpaksa bekerja bersama mencari nafkah untuk membiayai kebutuhan anak dan keluarganya.

Salah satu dari risiko ini membuat anak-anak mereka dititipkan ke orang tua atau merekrut tenaga pengasuh. Memang menjadi dilema bagi orang tua terutama ibu yang bekerja menghadapi masalah ini.

Jika mereka bekerja, akan meninggalkan anak-anak di rumah. Sebaliknya, jika mereka tidak bekerja, maka ada kekhawatiran kebutuhan anak tidak terpenuhi.

Mengutip laman Boldsky, berikut dampak negatif yang bisa muncul saat ayah dan ibu sama-sama bekerja di luar rumah.

1. Kesulitan membesarkan anak

Karena jadwal kerja mereka, orang tua sering menghadapi kesulitan dalam memberikan waktu yang cukup untuk anak-anak mereka. Hal ini membuat orang tua tidak mampu menanamkan nilai-nilai dan etika esensial pada anak-anak mereka.

Bahkan, jika orang tua mencoba menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka, jadwal kerja mereka yang sibuk membatasi mereka untuk memastikan anak-anak mereka mempelajari nilai-nilai yang baik.

2. Bisa jadi muncul risiko kesepian

Karena anak-anak masih kecil dan tidak mampu merawat diri sendiri, mereka mungkin merasa kesepian tanpa kehadiran orang tua di samping mereka. Sementara orang tua bekerja di kantor mereka, anak-anak mungkin menginginkan seseorang untuk bersama mereka dan mendengarkan masalah mereka.

Seringkali anak-anak kecil merasa tidak nyaman ketika mereka tidak menemukan orang tua atau seseorang yang dekat dengan mereka. Dalam hal itu, ketika kakek-nenek hadir di keluarga, anak-anak merasa dicintai dan bahagia

3. Absen di hari istimewa

Salah satu hal negatif yang ingin dihindari orang tua pekerja adalah ketidakhadiran sosok ayah atau ibu di masa-masa spesial buah hati. Contohnya hari kelahiran, hari karier di sekolah atau momen playdate.

4. Merasa diabaikan

Ketika pasangan bekerja di luar rumah bisa membuat anak merasa diabaikan. Mereka merasa orang tua tidak peduli dan hanya mementingkan pekerjaan. Hal ini bisa membuat anak mencari pelarian dan kebahagiaan di luar rumah.