Melihat Lebih Dekat Istri Nadiem Makarim Mengasuh Putrinya

Dibalik kesuksesan Nadiem Makarim sebagai penderi Gojek, tidak luput dari dukungan dan doa dari sosok istri cantiknya, Franka Franklin. Franka Franklin yang merupakan lulusan dari universitas di tiga negara ini juga tengah menjadi sorotan saat suaminya Nadiem terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Foto/instagram/ferryfahrizal

keluarga

Melihat Lebih Dekat Istri Nadiem Makarim Mengasuh Putrinya

Minggu, 24 November 2019 19:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kehidupan sosok Nadiem Makarim semenjak menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 semakin dalam penelusurannya. Hal itu bertujuan mengenal gambaran utuh seorang Nadiem Makarim dan keluarga kecilnya. Dalam beberapa kesempatan, Franka Franklin, istri Nadiem Makarim, terbuka menerima kehadiran para media.

Hal itu dialami oleh Cantika saat bertemu Franka Franklin kali pertama di Plaza Indonesia. Saat itu, Franka bersama rekan bisnisnya Happy Salma dan Sri Luce Rusna membuka butik keempat Tulola. Acara berlangsung seharian, di pagi hari mereka bertiga menyambut tamu dan sahabat Tulola di butik barunya. Lalu, menghadiri fashion show Tulola dengan desainer Jeffry Tan, dilanjutkan dengan ramah tamah para tamu yang baru hadir di sore hingga malam hari.

Sebelum fashion show dimulai, Franka bersedia melayani pertanyaan para awak media. Selain lugas menjawab soal perencanaan bisnis dan marketing Tulola ke depan, Franka terbuka membeberkan terkait amanah baru di pundak suaminya.

Sebagai seorang istri, Franka punya kesan mendalam terhadap keputusan suaminya. “Saya merasa bangga bahwa nadiem mengambil jejak langkah baru ini, ya. Dan , saya berdoa sekali semoga dia terus dijaga dan bisa dikasih kesempatan untuk memberikan yang terbaik. Karena saya yakin dia akan coba,” tutur Franka saat ditemui di Plaza Indonesia, Rabu 30 Oktober 2019.

Franka Franklin, istri Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Franka ditemui saat pembukaan butik keempat Tulola Jewelry di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu 30 Oktober 2019. Franka bergabung tiga tahun lalu ke dalam bisnis perhiasan yang dibangun oleh Happy Salma dan Sri Luce Rusna sejak 10 tahun silam. Tempo/Silvy Riana Putri

Ia menambahkan, “Kalau persiapan saya mungkin lebih banyak tanya sama mas Nadiem, ya. Gimana sih ngejalanin ke depannya dengan banyak sorotan.  Karena dia kan udah lebih tahu.”

Seperti yang diungkapkan pada pertemuan pertama kami, di perjumpaan kedua Franka memang terlihat berproses dalam menerima sorotan. Perempuan murah senyum ini menyambut hangat Cantika, bahkan ia mengingat meski hanya sekali berjumpa.

Di tengah berondongan pertanyaan wartawan soal bisnis Tulola, Franka tersenyum dan berucap, “Hi, Mbak. Ketemu lagi.”

Usai temu bersama media lainnya, Franka menjanjikan perjumpaan spesial dengan Cantika. Ia menepati janji itu usai menemani suaminya yang singgah sejenak di acara pameran Merayakan Nusantara di Bimasena Lounge, The Dharmawangsa Hotel, pada Jumat 22 November 2019.

Tentu di kesempatan temu spesial ini, tentu kami ingin mengenal lebih dekat sosok Franka mulai dari tanggal ulang tahun, rencana tambah momongan hingga kisah cintanya dengan Nadiem.

Kebetulan sekali saat itu, Cantika bertemu dengan Solara Franklin Makarim. Putri berusia satu tahun itu terlihat menggemaskan dengan rambut pendek ikalnya, memakai kaus putih, dan celana pendek merah muda.

Cantika tidak memotret keberadaan Sola sesuai permintaan Franka untuk tidak memfoto keberadaan anaknya saat itu. “Please, kami jangan difoto, ya, mbak,” ucap Franka sembari tersenyum.

Franka Franklin, istri Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 dan pebisnis perhiasan, saat ditemui di pameran Merayakan Nusantara di Bimasena Lounge, The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat 22 November 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

Franka langsung menggendong putrinya, meski sedang berbincang dengan dua temannya. Ia berkata, "Bentar, anak gue datang. Halo." Sola datang digendong oleh baby sitter dan satu asisten rumah tangga. Keduanya berpakaian rapi dengan tema kasual.

Menyimak obrolan ala ibu dan anak itu, terdengar Sola sedang menyukai dedaunan. Sebab Franka kerap menyebutkan kata daun saat menggendong Sola, sembari menunjuk bunga atau aksesori tumbuhan yang ada di ruang pameran.

Bayi bertubuh gempal itu juga terlihat mudah akrab dengan orang lain. Ia tidak menangis saat teman Franka menggendongnya.

Saat Franka berbincang dengan Cantika, Sola dibawa bermain oleh teman Franka. Sebelum pertanyaan dilontarkan, Franka sudah bisa menebak rasa penasaran kami.

“Mbak, mohon maaf sekali, aku dan Nadiem sepakat untuk tidak mengekspos soal anak dan keluarga. Selain dari Tulola, saya mohon maaf sekali lagi tidak bisa menjawab,” ungkap perempuan yang sudah 10 tahun berkarier di retail.

Meski tanpa alat perekam, lulusan bisnis internasional dan studi pengembangan di Hogeschool Rotterdam, Belanda ini tetap sama ramahnya. Ia berbagi beberapa hal yang belum bisa diungkapkan dulu ke publik.

Di akhir perjumpaan sore itu, Franka menutup dengan berjabat tangan, “Terima kasih sekali lagi, mbak memaklumi ranah privasi kami. See you.

Semoga dalam waktu dekat ini, ada kabar bahagia dari Franka Franklin untuk membagikan momen keakraban bersama keluarga. See you again, Franka.