Hari Ayah Nasional, Intip 7 Cara Ayah Dekat dengan Anak Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Ayah bersama Putrinya. sweetsharing.com

Ilustrasi Ayah bersama Putrinya. sweetsharing.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November tak bisa dilepaskan dalam peran ayah dalam mengasuh buah hati. Kali ini kita membahas keterlibatan ayah dalam mengasuh anak perempuan. Kehadiran ayah bisa membuat anak merasa percaya diri, berani mengambil risiko, dan melakukan eksplorasi. Selain itu, anak pun dapat memiliki harga diri yang tinggi, tidak takut akan kegagalan, dan prestasi yang lebih baik.

Di sisi lain, ketiadaan seorang ayah akan memberikan dampak negatif pada anak perempuannya, seperti memiliki banyak masalah dengan orang lain, sulit menyelesaikan masalah, psikologis yang buruk, cenderung mengalami depresi dan kecemasan, serta banyak mengoknsumsi alkohol saat dewasa.

Ayah memainkan peran kunci dalam perkembangan psikologis anak perempuannya. Sebuah studi menunjukkan anak perempuan yang mengalami depresi, memiliki hubungan yang kurang hangat, kedekatan emosional yang rendah, dan komunikasi bermasalah dengan ayahnya. Oleh sebab itu, seorang ayah harus mampu menyampaikan dukungan, cinta, dan perhatian pada putrinya.

Kedekatan ayah dan anak perempuannya sangatlah penting. Namun, sebagian ayah mungkin tidak mengerti cara membangun kedekatan yang baik dengan putrinya, apalagi jika sang anak sangat dekat dengan ibunya. Akan tetapi, ubahlah pola pikir tersebut karena putri Anda pun memerlukan kasih sayang dari ayahnya juga.

Berikut beberapa cara yang dapat ayah lakukan untuk membangun kedekatan dengan putrinya.

1. Mulailah sejak anak dilahirkan

Untuk menciptakan kedekatan dengan ayah dan anak perempuannya, mulailah sejak ia dilahirkan. Libatkanlah diri Anda dalam kehidupannya sejak awal dengan berperan aktif dalam membantu merawatnya. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersamanya sejak dini, maka semakin mudah untuk mempererat kedekatan Anda bersamanya nanti. Cobalah untuk mengganti popoknya, menggendongnya, atau menenangkannya ketika menangis.

2. Menciptakan momen menyenangkan bersama anak

Ciptakan momen menyenangkan bersama bersama putri Anda untuk membangun kedekatan dengannya. Seorang ayah dapat mengajak anak perempuannya untuk membeli boneka, es krim, ataupun berjalan-jalan di tempat kesukaannya. Seiring bertambahnya usia, Anda dapat mengajak putri Anda menonton di bioskop, berenang, bersepeda, atau bahkan menonton konser. Membangun kenangan yang menyenangkan bisa membuat anak terus mengingatnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."