Hari Ayah Nasional, Intip Pentingnya Ayah Main Bersama Anak

Ilustrasi Ayah dan Ibu bermain dengan anak. Shutterstock.com

keluarga

Hari Ayah Nasional, Intip Pentingnya Ayah Main Bersama Anak

Selasa, 12 November 2019 21:55 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Ayah Nasional, terselip pesan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya keterlibatan sosok ayah dalam mendidik dan mengasuh anak. Sosok ayah bisa memiliki peran yang lebih besar dalam praktek pengasuhan agar tumbuh kembang anak lebih optimal dan hak-hak anak  terpenuhi, termasuk bermain dengan anak-anak.

Hal di atas diungkapkan oleh Psikolog Klinis Anak Febiana Pratomo, menurutnya lagi, waktu yang terbatas bukanlah alasan bagi ayah untuk tidak menyediakan waktu bermain dengan anak.

"Lakukan permainan yang menyenangkan antara ayah dan anak. Si ayah harus tahu anaknya suka main apa, jadi waktu main yang sempit bisa dimanfaatkan untuk bermain sesuai kesukaan anak," ucap Febiana yang ditemui usai acara peluncuran ELC Holiday di Jakarta, Selasa 12 November 2019.

Psikolog Klinis Anak Febiana Pratomo saat ditemui di peluncuran 50 mainan edukatif yang digelar ELC di Jakarta, Selasa 12 November 2019. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Sebab, menurut Psikolog dari Rumah Dandelion ini manfaat bermain bersama bisa meningkatkan  ikatan (bonding) dan interaksi yang melekat antara ayah dan anak. "Fokus kita bukan hanya memberi mainan tertentu yang anak sukai lalu dibiarkan main sendiri. Tapi yang terpenting kehadiran dan waktu bisa main bersama," kata Febiana.

Ada masa ketika anak memang akan lebih banyak membutuhkan ayah dalam menumbuhkan dan membentuk keberanian, percaya diri, ketegasan, peduli, disiplin hingga melatih bagaimana menghargai satu sama lain baik dalam keluarga, pertemanan serta bersosialisasi di lingkungan masyarakat.

Dilansir dari berbagai sumber terdapat delapan nilai pengasuhan yang menentukan peran penting seorang ayah yaitu dalam proses perkembangan anak, yaitu

1. Membentuk ketrampilan dan hubungan sosial anak

2. Menjaga kesehatan mental dan harga diri anak

3. Memerangi rokok, alkohol, dan minuman keras

4. Keterlibatan dan kinerja sekolah anak

5. Mencegah dan menangani bullying

6. Menjaga perilaku seksual remaja

7. Mencegah perilaku menyimpang

8. Menjaga anak dari kelebihan berat badan (obesitas) dengan melakukan aktivitas fisik dan bermain bersama.

Dengan pengasuhan ayah yang optimal, tentu akan mendapatkan pengembangan kehidupan baik fisik, spiritual, mental, sosial, dan moral yang baik pada anak.