Hari Ayah Nasional, Intip 7 Cara Ayah Dekat dengan Anak Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Ayah bersama Putrinya. sweetsharing.com

Ilustrasi Ayah bersama Putrinya. sweetsharing.com

IKLAN

3. Terlibat dalam kehidupannya

Ayah harus secara aktif tertarik dan terlibat dalam kehidupan anak perempuannya. Jangan hanya sekedar bertanya mengenai hari-harinya, namun cari tahu pula apa yang diminati atau disenangi oleh anak. Jika anak senang melukis, Anda dapat membelikannya berbagai perlengkapan melukis.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menghadiri acara atau kegiatan anak, seperti pertunjukan dramanya, pameran sains, ataupun konsernya. Hal ini dapat membuat anak merasa dihargai dan penting sehingga bisa memperkuat kedekatan Anda bersama anak.

4. Biarkan anak bercerita

Bangun kedekatan bersama putri Anda dengan lebih banyak mendengarkan dan membiarkannya bercerita pada Anda. Dengarkanlah apa yang ia pikirkan, impikan, dan harapkan dalam hidupnya. Selain itu, jika anak berbagi mengenai hal yang bersifat pribadi, jagalah kerahasiaannya karena melanggar kepercayaannya dapat merusak hubungan antara Anda dan putri Anda.

5. Ajarkan anak hal-hal baru

Mengajari anak berbagai keterampilan baru dapat membangun kedekatan antara ayah dan anak perempuannya. Selain itu, hal ini juga dapat memberi rasa percaya diri pada anak untuk melewati tantangan apa pun. Cobalah untuk mengajari anak membaca, mengendarai sepeda, memancing, melakukan pekerjaan rumah, ataupun hal lainnya yang bermanfaat bagi mereka.

6. Tunjukkan kasih sayang pada mereka

Ketika anak membuat pilihan yang buruk, janganlah mengejek, mempermalukan, atau merendahkannya. Namun, bantulah ia untuk belajar dan tumbuh. Gunakanlah kondisi ini sebagai kesempatan dalam mengajari anak perempuan Anda dengan sabar, tenang, dan penuh kasih. Ini bukan berarti bahwa Anda tidak mendisiplinkannya. Tetap jelaskan apa kesalahan anak, dan berilah saran agar ke depannya ia dapat lebih baik.

7. Menulis catatan dan surat

Hampir setiap gadis kecil menyukai kartu ucapan, catatan, dan surat. Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk menulis catatan atau surat untuk mengungkapkan kasih sayang dan rasa bangga Anda terhadapnya. Ini akan sangat berarti bagi putri Anda yang akan ia ingat selama hidupnya. Jangan menggunakan kata-kata yang rumit agar anak lebih mudah mengerti.

Membangun kedekatan antara ayah dan anak perempuan mungkin tidak selalu mudah. Namun, jika dilakukan dengan benar maka akan terbangun ikatan yang kuat, dan menciptakan banyak kenangan yang menyenangkan bagi putri Anda.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."