Pakar: Mi Instan Bisa Memenuhi Kebutuhan Gizi dengan Syarat Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi mi instan (pixabay.com)

ilustrasi mi instan (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Siapa yang suka memberikan mi instan sebagai makanan pokok atau camilan anak saat piknik? Mi instan salah satu faktor pemicu 40 persen anak di bawah usia lima tahun atau balita Indonesia mengalami kekurangan gizi. Sebabnya, banyak orang tua yang memilih memberi makan anaknya mi instan karena harganya murah dan mudah dibuat. Padahal, makanan ini rendah nutrisi karena mengandung karbohidrat dan garam yang tinggi, tanpa gizi lain yang dibutuhkan tubuh. 

Pakar gizi Institut Pertanian Bogor Ali Khomsan mengatakan mi instan sebenarnya merupakan sumber karbohidrat, sama seperti nasi. Tapi karena rasanya yang enak dengan berbagai pilihan, banyak orang yang salah menyajikannya karena tanpa didampingi lauk dan sayur. Bahkan, tidak sedikit yang mengonsumsinya bersama nasi.

“Kalau makan mi tanpa sayur dan lauk, itu sama saja makan nasi. Mi instan itu bukan makanan yang mengandung gizi lengkap seperti kita menyiapkan nasi dengan sayur dan lauk pauk,” ujar ia kepada Tempo.co, Senin, 21 Oktober 2019.

Menurut Ali, mi instan sebenarnya bukan makanan yang buruk. Asal, penyajiannya dilengkapi dengan gizi lainnya, seperti telur yang kaya protein dan sayur sebagai sumber serat.

“Sama seperti gambar di bungkusnya, ada telur dan sayur. Mungkin ada lauk pauk lainnya yang bisa dicampurkan,” kata Ali.

Indonesia merupakan negara dengan konsumsi mi instan tertinggi kedua di dunia setelah Cina. Menurut data World Instant Noodles Asosiation (WINA), konsumsi mi instan Tanah Air pada 2018 mencapai 12,52 miliar bungkus. Pada 2014 konsumsinya malah lebih tinggi, yaitu 13,4 miliar bungkus.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."