6 Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh, Termasuk Sumber Energi

kesehatan

6 Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh, Termasuk Sumber Energi

Kamis, 10 Oktober 2019 08:10 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pagi ini, kita menelusuri fungsi karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh. Karbohidrat merupakan makronutrien yang secara alami ditemukan dalam makanan. Jenisnya ada tiga, yaitu gula, pati dan serat. Nasi, roti dan kentang dikenal mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Karbohidrat tak selalu buruk untuk tubuh, karena juga menjadi bagian penting diet sehat. Rata-rata, tubuh manusia mendapatkan sekitar 45-65 persen kalorinya dari karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks, yang bisa dikonsumsi dari makanan berserat seperti buah dan sayur. Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi dengan baik. Fungsi utama karbohidrat ialah menyuplai energi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini sejumlah fungsi karbohidrat untuk tubuh

1. Sumber energi

Saat dicerna, karbohidrat akan berubah menjadi glukosa. Tubuh membutuhkan glukosa sebagai sumber energi utama. Perlu diingat, ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana (untuk menyediakan energi dalam waktu cepat), dan karbohidrat kompleks (memberikan energi yang tahan lama). Gula pada karbohidrat kompleks akan masuk ke dalam darah lebih lambat. Zat gizi protein dan lemak juga bisa menyuplai energi. Namun, karbohidrat lebih mampu menyediakan energi terbanyak per gramnya.

2. Mengontrol berat badan

Karbohidrat kompleks bisa memberikan energi yang tahan lebih lama. Itu artinya, mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, bisa menunda lapar dan menurunkan berat badan. Apalagi kalau Anda banyak mengonsumsi makanan berserat.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk makanan berserat bisa menyehatkan sistem pencernaan. Fungsi karbohidrat ini pastinya menguntungkan tubuh. Sebab, buang air besar menjadi lebih mudah dan diare jarang “menghantui”. Selain itu, mengonsumsi karbohidrat dari makanan berserat, juga bisa menghindarkan Anda dari penyakit usus besar, misalnya divertikulitis.

4. Mendukung fungsi otak

Glukosa yang diproduksi karbohidrat, sangat penting bagi seluruh bagian tubuh untuk berfungsi dengan baik, tidak terkecuali otak Anda. Otak merupakan organ tubuh yang paling bekerja keras, karena menggunakan sekitar 20 persen energi untuk bisa berfungsi. Oleh karena itu, karbohidrat sangat dibutuhkan dan baik untuk otak. 

5. Mencegah timbulnya penyakit

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan bisa memberikan dampak negatif terhadap tubuh, terutama kesehatan jantung. Namun, jenis karbohidrat kompleks, seperti makanan berserat, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Karbohidrat kompleks juga sangat penting untuk mencegah diabetes, karena tidak memicu terjadinya lonjakan gula darah.

6. Membantu otot tetap terjaga

Agar otot di tubuh Anda tetap terjaga, karbohidrat sangat dibutuhkan. Sebab, ketika tubuh kekurangan glukosa, otot akan dipecah menjadi asam amino, kemudian diubah menjadi glukosa atau senyawa lain, untuk menghasilkan energi. Jika hal ini terjadi, massa otot akan berkurang. Akibatnya, gerakan tubuh juga akan terdampak.

Jika keenam fungsi karbohidrat sudah dirasakan tubuh, hidup sehat bukanlah sekadar impian lagi. Tapi, Anda perlu tahu fungsi karbohidrat yang bisa dirasakan tubuh. Hal ini penting untuk mengukur karbohidrat yang diperlukan tubuh Anda. Tubuh akan memproses kedua jenis karbohidrat dengan cara yang berbeda.

SEHATQ