5 Kesalahan saat Menjalani Diet Keto, Di Antaranya Kurang Lemak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi diet keto (pixabay.com)

Ilustrasi diet keto (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pola diet keto dikenal rendah karbohidrat, protein sedang, dan tinggi lemak. Diet tersebut diyakini menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kinerja. Namun orang mengira diet keto mudah karena hanya butuh sedikit penyesuaian. Banyak pemula mengikuti diet ini tanpa melakukan riset mendalam, sehingga diet ini tidak efektif.

Agar tidak melakukan kesalahan yang sama saat menjalani diet keto, berikut lima kesalahan di antaranya seperti dilansir dari laman Times of India

1. Tidak makan cukup lemak

Diet keto biasanya tinggi lemak dan kebanyakan orang takut makan terlalu banyak lemak, karena kepercayaan umum bahwa lemak akan membuat gemuk. Tetapi karena Anda membatasi asupan karbohidrat, sangat penting untuk mengambil lebih banyak lemak. Tidak mengonsumsi lemak dalam jumlah yang tepat dapat merusak fungsi dan metabolisme hormon Anda. Bahkan setelah makan dengan benar, Anda akan merasa lesu karena kekurangan mikro dan nutrisi makro. Penting juga untuk mengonsumsi jenis lemak yang tepat. Sertakan lemak hewani, minyak zaitun, lemak tak jenuh tunggal dalam diet Anda.

2. Kurang minum air

Dalam diet keto, tubuh Anda membakar lemak untuk bahan bakar dan ketika tubuh memulai proses ini, sangat penting untuk meningkatkan asupan cairan. Jika Anda tidak minum cukup air, metabolisme tubuh Anda akan melambat dan sehingga sulit menurunkan berat badan. Air membantu sirkulasi nutrisi yang tepat, mengeluarkan racun dan membantu membakar lemak.

3. Kurang istirahat

Jika Anda ingin diet keto Anda berhasil, Anda perlu tidur selama 7-8 jam. Istirahat akan membantu tubuh Anda untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis dan meningkatkan stres. Kondisi ini dapat mempengaruhi produksi keton dalam tubuh. Kortisol yang tinggi dapat menyebabkan penambahan lemak yang tidak diinginkan.

4. Terlalu banyak produk susu

Produk susu tampak seperti sumber makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang sempurna, tetapi kelebihan asupan produk susu seperti keju dapat merusak rencana diet Anda. Moderasi adalah kuncinya. Selain itu, banyak produk susu, bahkan mengandung gula. Jadi, selalu periksa label kandungangizi saat membelinya.

5. Banyak ngemil

Ngemil adalah cara termudah untuk menambah kalori ekstra dan berlebih dalam diet Anda. Diet keto memiliki efek yang memuaskan, jadi seharusnya Anda tidak perlu makanan ringan. Jika Anda masih merasa lapar maka lakukan beberapa penyesuaian atau ngemil secukupnya. Pilih camilan yang tepat seperti biji-bijian, keju, alpukat, dan kacang-kacangan.

MILA NOVITA

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."