Orang dengan 3 Kondisi Ini Tidak Boleh Tidur Kurang dari 6 Jam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Unsplash.com/Bruce Mars

Ilustrasi wanita tidur. Unsplash.com/Bruce Mars

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang mungkin punya durasi tidur yang berbeda. Beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan durasi tidur ini di antaranya beban kerja, insomnia atau sedang di bawah tekanan. Tapi perlu diingat, para ahli kesehatan merekomendasikan tidur sekitar 7-8 jam per hari untuk orang dewasa, meskipun banyak yang tak memenuhinya. Namun, khusus untuk orang yang pernah mengalami stroke, penyakit jantung, atau diabetes tipe 2, durasi tidur tidak boleh kurang dari enam jam per hari. 

Alasannya, kebiasaan tidak sehat itu bisa meningkatkan risiko kematian dini pada penderita penyakit kardiovaskular dan diabetes. Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari laman Medical Daily, orang dengan kondisi di atas juga berisiko mengidap kanker.

Studi baru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, menganalisis data pada lebih dari 1.600 orang dewasa, berusia 20 hingga 74, yang merupakan bagian dari Penn State Adult Cohort. Para peneliti membagi peserta menjadi dua kelompok berdasarkan kondisi medis mereka.

Satu kelompok yang terdiri dari pria dan wanita yang memiliki tekanan darah tinggi stadium 2, sementara setengahnya didiagnosis dengan diabetes tipe 2, penyakit jantung atau stroke. Para peneliti mengikuti para peserta dari tahun 1991 hingga 2016.

Mereka melihat kualitas dan lama tidur mereka di laboratorium pada tahun-tahun awal penelitian dan melacak penyebab kematian mereka hingga 2016. Hasil menunjukkan bahwa tidur kurang dari enam jam membuat peserta dengan tekanan darah tinggi atau diabetes dua kali lebih mungkin meninggal dunia karena penyakit jantung atau stroke.

Sementara itu, kelompok yang memiliki penyakit jantung atau mengalami stroke dan tidur kurang dari enam jam memiliki risiko tiga kali lebih tinggi meninggal akibat kanker. Namun, para peneliti mengatakan orang-orang yang tidur lebih dari enam jam memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah meskipun memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes.

"Studi kami menunjukkan bahwa durasi tidur normal mungkin bisa melindungi beberapa orang dengan kondisi dan risiko kesehatan itu," kata Julio Fernandez-Mendoza, penulis utama studi dan  profesor di Pennsylvania State College of Medicine, dalam sebuah pernyataan. Ia menekankan durasi tidur saat memeriksa pasien sebab membantu pencegahan dan perawatan diabetes atau penyakit kardiovaskular.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."