11 Bahan Alami untuk Menebalkan Alis, Ada Kuning Telur dan Susu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi alis. Shutterstock

Ilustrasi alis. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain tampilan rambut tebal, alis tebal dan rapi juga menjadi impian banyak perempuan. Bukan hal baru, jika beberapa perempuan dengan alis tipis menggunakan pensil alis untuk menebalkan alis secara instan. Bahkan, ada juga yang melakukan sulam alis agar terlihat tebal secara permanen.

Selain kedua metode tersebut, ada cara menebalkan alis secara alami. Berbeda dengan prosedur sulam alis yang berisiko, cara menebalkan alis secara alami menggunakan bahan-bahan dari alam umumnya minim risiko. Namun Anda tetap perlu berhati-hati.

Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan sebagai cara menebalkan alis secara alami

1. Kuning telur

Kuning telur kaya akan biotin yang dapat membantu alis tumbuh lebih cepat. Ini merupakan cara menebalkan alis yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Anda hanya perlu menyiapkan satu butir telur dan kuas. Pisahkan kuning telur dari putihnya, lalu kocok hingga halus. Selanjutnya, oleskan pada alis Anda menggunakan kuas. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu. Namun, penggunaan kuning telur memiliki risiko penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung senyawa aleonin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, tak terkecuali alis. Gunakan gel lidah buaya, dan pijatkan pada alis Anda sampai terserap. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Gel lidah buaya tidak lengket dan mudah diserap sehingga Anda dapat mengoleskannya beberapa kali dalam sehari. 

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu mengurangi hilangnya protein pembentuk rambut alis dan membuat alis lebih kuat. Asam laurat pada minyak kelapa juga bertindak sebagai agen antimikroba yang dapat mencegah infeksi folikel rambut alis sehingga terhindar dari kerusakan dan merangsangnya untuk tumbuh lebih cepat. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa pada alis menggunakan kapas. Biarkan semalaman, kemudian bilas keesokan harinya. Anda dapat melakukannya beberapa kali dalam seminggu, namun untuk hasil terbaik lakukan setiap hari. 

4. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan salah satu solusi paling efektif sebagai cara menebalkan alis. Kandungan dalam minyak ini dapat mendorong pertumbuhan rambut alis, serta memastikan bahwa setiap helai rambut tebal dan kuat. Anda dapat memijatkan beberapa tetes minyak jarak pada alis Anda menggunakan ujung jari, dan biarkan selama 30 menit.

Lalu, bersihkan dengan penghapus make-up dan basuh wajah Anda menggunakan air hangat. Lakukan setiap hari agar alis lebih tebal dalam waktu kurang dari 6 minggu. Namun, Anda harus berhati-hati karena minyak jarak dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti iritasi, gatal-gatal, dan ruam pada sebagian orang.

ilustrasi minyak ziatun. Sumber: Alodokter

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, termasuk alis. Vitamin E dapat memberi nutrisi pada setiap helai rambut, sementara vitamin A bisa merangsang produksi sebum (minyak alami tubuh) yang dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Tuangkan setetes minyak zaitun pada ujung jari, dan pijatkan pada alis Anda. Biarkan selama beberapa jam, lalu bersihkan dengan menggunakan pencuci muka. Lakukan setiap hari agar mendapat hasil yang cepat. Gunakanlah minyak zaitun extra virgin agar tidak ternoda oleh bahan kimia.

6. Petroleum jelly

Petroleum jelly mampu melembapkan kulit di bawah alis dan juga menyehatkannya sehingga mendorong pertumbuhan rambut alis yang sehat dan berkilau. Anda dapat mengoleskan petroleum jelly pada alis Anda, dan biarkan semalaman. Lalu, bilas dengan air hangat pada pagi hari. Lakukan setiap malam hingga Anda mendapat alis tebal yang Anda inginkan. Namun, petroleum jelly memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga Anda tidak disarankan menggunakannya bila memiliki kulit yang berjerawat. 

7. Minyak jojoba

Minyak jojoba dapat memelihara dan membuka folikel rambut yang tersumbat sehingga membuat alis tumbuh lebih cepat. Selain itu, dapat pula melindungi rambut alis dan membuatnya berkilau secara alami. Anda dapat mengoleskan beberapa tetes minyak jojoba pada alis. Kemudian, biarkan semalaman dan bilas ketika pagi hari. Lakukanlah setiap hari agar mendapat hasil yang maksimal.

8. Tea tree oil

Tea tree oil telah banyak digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Minyak ini dapat merangsang pertumbuhan dan mencegah kerontokan alis sehingga membuatnya tebal. Anda dapat mengoleskan ekstrak tea tree oil secara langsung ke alis sekitar 2-3 tetes.

Oleskan setiap hari dan biarkan semalaman agar mendapat hasil yang diinginkan. Namun, pada sebagian orang, minyak ini dapat menimbulkan reaksi alergi. Sebelum menggunakannya, akan lebih baik jika Anda mengujinya pada tangan Anda terlebih dahulu. 

9. Minyak lavender

Minyak lavender memiliki efek yang bisa menenangkan. Selain itu, minyak lavender juga dapat mengurangi kerontokan dan membantu pertumbuhan rambut ketika dioleskan, termasuk rambut alis. Anda dapat memijatkan ekstrak minyak lavender pada area alis setiap hari untuk mendorong pertumbuhan alis dan relaksasi. Namun, minyak lavender dapat menyebabkan ruam pada sebagian orang sehingga Anda harus berhati-hati jika memiliki alergi.

10. Susu

Susu diyakini baik untuk pertumbuhan rambut karena memiliki banyak vitamin, mineral, dan nutrisi penting sehingga dapat membuat alis tebal. Cara menebalkan alis menggunakan susu cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan ¼ cangkir susu murni dan kapas. Celupkan kapas ke dalam susu, lalu oleskan kapas pada alis Anda dengan lembut. Biarkan selama 15 menit, dan bilas dengan air jika sudah selesai. Anda dapat melakukannya setiap hari untuk mendapat hasil yang baik.

11. Bawang merah

Bawang merah kaya akan belerang yang dapat mencegah rambut rontok, dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga bisa membuat alis tebal. Anda dapat menghancurkan bawang merah menggunakan blender, dan menyaringnya untuk mendapatkan sari bawang.

Kemudian, oleskan sari bawang pada alis Anda dan biarkan selama 1 jam. Setelah itu, bersihkan alis menggunakan kapas yang telah dibasahi sari lemon agar menghilangkan bau menyengat bawang. Anda dapat melakukan cara ini setiap hari untuk mendapat hasil yang cepat.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat berbagai bahan alami tersebut untuk menebalkan alis. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba di atas untuk membuktikan manfaatnya. Selain rutin perawatan, hindari mencabut alis secara berlebihan ketika membentuknya, karena dapat membuat alis sulit untuk tumbuh kembali. Jangan pula menekan alis terlalu keras ketika menggunakan pensil alis, lalu sikatlah alis menggunakan pensil alis setiap hari agar selalu tertata rapi.

SEHATQ

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."