Ketombe Ternyata Bisa Muncul di Alis

Ilustrasi merias alis tebal. sazan.me

kesehatan

Ketombe Ternyata Bisa Muncul di Alis

Jumat, 26 April 2019 20:33 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTINA.COM, Jakarta - Ketombe yang sering muncul di kulit kepala juga dapat terlihat pada alis. Dermatitis seboroik, istilah klinis untuk ketombe, dapat terjadi di bagian tubuh mana pun yang terdapat rambut.

Artikel lain: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut, Basmi Ketombe sampai Kutu

Untungnya, ketombe alis dapat diobati, jadi tidak perlu panik jika melihan serpihan putih muncuk di alis. Kulit kering dan serpihan di daerah alis dapat disebabkan oleh eksim atau dermatitis kontak. Dermatologist Head & Shoulder, Ilyse Lefkowicz, mengatakan ada tiga faktor penyebab ketombe. “Kehadiran Malassezia globose [jamur] pada kulit, kecenderungan genetik terhadap ketombe, atau adanya sebum, ”jelas Ilyse Lefkowicz.

Cara termudah untuk menentukan apakah Anda berurusan dengan dermatitis seboroik yang sebenarnya, biasanya akan melihat bercak merah muda atau merah dengan sisik yang cenderung berminyak daripada lunak dan putih. Cara mengobatinya pun tak jauh berbeda dengan cara merawat kulit kepala.

Bersihkan bagian yang sakit dengan lembut menggunakan sampo anti-ketombe,  yang mengandung seng pyrithione (anti-ketombe yang terbukti aktif). Ini dirancang untuk mematikan jamur, dan mengandung bahan untuk menenangkan peradangan. Setelah itu gunakan pelembap.

“Namun, jika pengelupasannya parah atau menyebabkan bercak merah, saya akan merekomendasikan menemui dokter kulit,” saran Dr. Lefkowicz. Dokter Anda mungkin akan meresepkan Anda krim anti-jamur topikal atau krim steroid topikal jangka pendek untuk mengendalikan serpihan putih.

Selain itu, jaga tingkat stres Anda. Kecemasan dapat mempengaruhi kondisi kulit lainnya. Jauhkan jari dari alis yang berketombe. Jika mencoba menghilangkan serpihan dari area yang meradang dapat memperparah kondisi alis.

"Hindari zat-zat seperti asam glikolat, benzoil peroksida, obat-obatan jerawat, atau krim anti-penuaan karena ini hanya akan menyebabkan iritasi lebih lanjut," tambah Dr. Lefkowicz, seerti dlansir dari laman Women's Health. Hal lain yang harus diperhatikan: mandi air sangat panas dapat menghilangkan kelembaban dari kulit, yang pada gilirannya membuat rambut rontok.

Jika Anda rentan terhadap ketombe, sangat penting untuk menjadikan pembersihan sebagai bagian rutin dari perawatan kulit. Anda dapat membentuk alis kala itu, "Tetapi hanya jika peradangan terkendali," kata Lefkowicz. "Jika ada tanda-tanda peradangan, saya sarankan menahan waxing atau tweezing sampai kondisinya benar-benar normal.

Jika Anda suka mewarnai alis, jangan lupa melembabkan area tersebut sebelum menerapkan pigmen tambahan untuk menciptakan permukaan yang halus.