6 Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Mentah, Salah Satunya Taoge

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi taoge goreng. TEMPO/Nita Dian

Ilustrasi taoge goreng. TEMPO/Nita Dian

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain diet keto, pola diet makanan mentah atau raw food juga diminati untuk menurunkan berat badan. Beberapa selebriti seperti Madonna, Demi Moore, Scarlet Johansson, dan Megan Fox juga sempat menjalani diet ini. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, diet ini juga memperbaiki kesehatan kulit dan menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti jantung dan stroke.

Namun, tak semua makanan bisa dimakan mentah. Alasannya, makanan-makanan ini tidak mudah mengikuti proses alami tubuh, juga sebagian mengandung bakteri atau bahan kimia beracun. 

Dilansir dari laman Indian Express, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya dimakan setelah dimasak.

1. Terung 

Sama seperti kentang, terung juga mengandung solanin yang bisa membuat kesehatan Anda bermasalah. Semakin awal dipanen, semakin banyak kandungan racunnya. Sebagian orang juga bisa mengalami alergi karena memakan terung.

2. Kecambah

Kecambah atau taoge memang sehat, rasanya juga enak. Jadi tidak heran jika dimakan mentah. Tapi sayuran yang sering dijadikan campuran karedok ini bisa mengandung bakteri yang bisa berbahaya. Jadi, sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah, seperti ibu hamil, anak-anak, dan lansia.

3. Kentang

Digoreng atau dikukus, kentang merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat yang banyak disukai. Tapi sebaiknya jangan memakan kentang dalam keadaan mentah karena mengandung senyawa beracun yang disebut solanine.

Racun ini memang tidak dapat menyebabkan kematian, tapi kentang yang kulitnya sudah memiliki lapisan hijau meskipun sedikit, dapat menimbulkan sakit kepala, sakit perut hingga kelumpuhan.

4. Kacang merah

Makanan tinggi protein ini juga dapat membahayakan kesehatan Anda jika tidak dimasak dengan benar. Kacang merah mengandung lektin, yang jika dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual, dan muntah. Jadi, sebelum memakannya, Anda sebaiknya mengolah kacang ini. Rendam kacang setidaknya lima jam lalu rebus hingga matang untuk menghindari masalah ini.

5. Hot dog atau sosis

Semua jenis daging bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dimakan mentah, termasuk hot dog atau sosis. Banyak orang yang mengonsumsi makanan ini dalam keadaan mentah karena dianggap telah dimasak. Meski telah dimasak, hot dog atau sosis tetap harus dipanaskan sebelum dikonsumsi karena bisa mengandung bakteri dari proses pengolahannya.  

6. Susu

Susu yang dikonsumsi langsung begitu diperah dari hewan, tanpa dipasteurisasi, dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E coli dan Salmonella. Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau USFDA, susu mentah 150 kali lebih mungkin menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan daripada produk susu lainnya.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."