5 Tips Cat Kuku Bertahan Lebih Lama, Salah Satunya Kuku Pendek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cat kuku. popsugar.com

Ilustrasi cat kuku. popsugar.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak di antara kita yang senang memakai cat kuku . Adakalanya warna cat kuku dipilih disesuaikan dengan tema acara atau bisa juga hanya jadi bagian mood booster untuk aktivitas yang padat. Beragam keindahan warna cat kuku yang ditawarkan mulai dari matte, glossy, atau transparan. Namun, kita kerap kesal karena keindahan cat kuku tidak bertahan lama.

Sebenarnya kondisi itu bisa terjadi karena beberapa kebiasaan yang selama ini tidak disadari. Contohnya, memelihara kuku panjang membuat Anda lebih rentan tergores saat beraktivitas. Berikut ini sejumlah tips yang bisa diterapkan saat memoles dan merawat cat kuku lebih tahan lama.

Mengutip dari laman Pink Villa, berikut ini tips membuat cat kuku lebih tahan lama.

1. Menjaga kuku tetap pendek

Jika kuku Anda panjang, Anda cenderung menggunakannya untuk mengelupas stiker, memasang kunci pada gantungan kunci, dan kegiatan lainnya yang menggunakan kuku panjang. Aktivitas tersebut bakal mengurangi daya tahan cat kuku Anda. Belum lagi, rentan dengan risiko kuku patah. Bila Anda memilih kuku pendek, maka jari-jemari Anda yang mengerahkan kekuatan saat beraktivitas, bukan kuku.

2. Pilih base coat terbaik

Menggunakan base coat berkualitas bagus sangat penting untuk menjaga warna cat kuku Anda minimal selama seminggu. Sama halnya seperti makeup, foundation menjadi andalan untuk tampilan makeup yang ajeg dan sempurna. Usahakan pilih base coat yang transparan agar bisa melesap sempurna dengan warna cat kuku pilihan Anda.

3. Dikeringkan dengan sempurna

Cara untuk mengetahui apakah cat kuku Anda sudah kering adalah membuat kuku kelingking Anda saling berhadapan, kemudian ditempelkan dengan lembut. Jika Anda mencabutnya dan terasa sedikit lengket, berarti cat kuku Anda masih perlu waktu untuk mengering. Jika mereka tidak saling menempel sama sekali, tandanya sudah oke melekat di kuku Anda.

4. Menerapkan cat kuku secara tipis saja

Menerapkan lapisan cat kuku tebal cenderung mudah terkelupas dan membuat durasi ketahanan cat kuku Anda lebih pendek. Sebagai gantinya, lakukan sapuan tipis, cukup gunakan cat kuku yang menempel di kuas saja, tidak perlu mencelupkannya.

5. Jangan terkena kutikula

Saat Anda mengoleskan cat kuku, jauhkan dari kutikula kuku, lapisan kulit yang berada di pangkal kuku. Sebab bila cat kuku dipakai di area tersebut lebih cenderung mengelupas daripada cat kuku yang dioleskan langsung ke kuku.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."