Merawat Kuku Tak Harus Mahal, Ikuti 6 Tips Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi manikur

Ilustrasi manikur

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi sebagian orang perawatan kuku membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan juga biaya. Terutama yang punya banyak aktivitias, tentu membuat Anda sering tidak mempunyai waktu untuk merawat kuku secara rutin.

Baca juga: Kiat Menjaga Keindahan Kuku dengan 6 Bahan dari Dapur

Sementara jarang merawat kuku dapat membuat kuku terlihat tidak rapi dan sehat. Melansir laman Purewow, supaya kuku tetap terlihat sehat meskipun tidak dimanikur, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

#1. Banyak makan telur
Selain telur, Anda juga bisa banyak mengkonsumsi ayam, ikan, dan daging sapi. Asupan protein dalam tubuh akan membuat kuku jadi lebih kuat.

#2. Membuat kuku lebih cerah
Buat campuran satu sendok makan baking soda dan perasan lemon. Gunakan sikat gigi untuk menggosokkan campuran ini pada kuku Anda. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air agar kuku terlihat lebih putih.

#3. Pastikan kuku tetap pendek
Setelah memotong kuku, gunakan nail buffer atau alat untuk meratakan permukaan kuku dari kedua sisi kuku ke bagian tengah. Hindari gerakan menghaluskan kuku seperti menggergaji bolak balik melintasi seluruh ujung kaki, karena ini akan melemahkan kuku.

#4. Gunakan alat yang tepat
Gunakan nail buffer empat sisi, yang memiliki permukaan yang berbeda dari berbagai grit di setiap sisi. Semua sisi ditandai di urutan bagaimana Anda harus menggunakannya, agar kuku menjadi halus dan mengkilap. Catatan : tidak menggunakannya lebih dari sekali seminggu agar kuku tidak menipis.

#5. Kurangi terpapar air
Air sangat baik agar tetap terhidrasi. Tapi air di tangan akan membuat kuku dan kutikula cepat mengering. Batasi kuku Anda terpapar air dengan menggunakan sarung tangan ketik mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, dan jika mandi, pastikan untuk menjaga tangan Anda keluar dari bak mandi.

#6. Sering merendam dalam minyak
Celupkan jari Anda ke dalam mangkuk kecil minyak zaitun, pastikan menutupi seluruh kuku dan daerah kutikula. Biarkan selama sepuluh menit, lalu gunakan krim tangan. Gunakan kuteks berwarna ringan Jika Anda masih merindukan memakai kuteks, tutupi kuku Anda dengan kuteks berwarna ringan. Ini akan menetralisir perubahan warna apapun.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."