Cara Memakai Maskara yang Tepat ala MUA Philips Kwok

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menggunakan maskara. Shutterstock

Ilustrasi menggunakan maskara. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memakai maskara salah satu rutinitas makeup atau kosmetik yang tak pernah dilewatkan. Sebab maskara membuat tampilan bulu mata lebih tebal dan membingkai mata dengan cantik. Akan tetapi, kerap di antara kita tidak mahir memakai maskara. Dilihat dari seringnya terjadi gumpalan di bulu mata atau bulu mata rontok.

Menurut makeup artist atau MUA Philips Kwok, cara pengaplikasian maskara sangat penting untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Ia pun memberikan beberapa tips penggunaan maskara agar tidak menggumpal dan merusak bulu mata, jika dipakai setiap hari.

1. Pilih maskara yang tepat

Banyak produk maskara yang tersedia di pasaran. Tapi, Anda harus pandai-pandai memilih produk yang tepat. Menurut Philips, maskara yang baik adalah yang waterproof dan ringan. “Kalau maskara terlalu berat akan membebani bulu mata,” ujar Philips pada peluncuran The One Tremendous Mascara dari Oriflame di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

2. Lentikkan bulu mata

Langkah salah ini sering dilakukan banyak perempuan, yaitu mengaplikasikan maskara, baru melentikkan bulu mata dengan penjepit. Menurut Philips, cara ini akan membuat maskara rontok dan bulu mata bisa patah. Jadi, lentikkan bulu mata terlebih dahulu, sebelum memakai maskara.

Ketika melentikkan bulu mata, pastikan menjepit di tiga bagian, yaitu bulu mata di pangkal dekat hidung, tengah, dan ujung secara terpisah. Ini karena bulu mata panjangnya tidak sama sehingga tidak bisa dilakukan sekaligus.

Setelah itu, barulah aplikasikan maskara. Mengaplikasikan maskara pun dilakukan di tiga bagian, yaitu bulu mata di pangkal diarahkan ke tulang hidung, bagian tengah diaplikasikan dengan zigzag, dan bagian ujung ditarik ke luar. “Jadi matanya terkesan panjang,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan jangan pernah mengulang aplikasi maskara karena itu akan membuatnya menumpuk dan berat. Jika salah mengaplikasikannya, Philips menyarankan mengulang dari awal.  

3. Bersihkan dengan eye makeup remover

Jangan lupa membersihkan maskara menggunakan eye makeup remover. Pembersih ini mengandung minyak dan air sehingga lebih mudah membersihkan sisa maskara. Agar maksimal, sebaiknya kompres terlebih dahulu sebelum dibersihkan. “Kalau membersihkannya tidak maksimal akan merusak bulu mata,” ucap Philips.

4. Jangan memompa maskara

Kadang-kadang orang mengocok atau memompa maskara dengan sikat atau kuasnya. Philip menyarankan menghindari langkah tersebut karena membuat oksigen masuk ke dalam wadah dan membuat maskara cepat mengental atau kering.

5. Tak perlu menggunakan bulu mata palsu atau ekstensi

Bulu mata palsu sempat populer, lalu disusul dengan ekstensi bulu mata. Tapi Philips tidak menyarankan kedua hal tersebut karena bisa merusak bulu mata.

“Bulu mata hanya tumbuh enam bulan sekali, begitu juga alis. Makanya sayangilah bulu mata,” tukasnya. Selain itu, bulu mata palsu pun sudah ketinggalan zaman karena saat ini makeup natural ala Korea Selatan dengan bulu mata tipis lebih diminati.  

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."