Trik Jitu Memilih Maskara bagi Mata Sensitif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi maskara (pixabay.com)

ilustrasi maskara (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMaskara salah satu produk makeup mata yang digemari perempuan. Sebab bisa melentikkan sekaligus menebalkan bulu mata dengan pengaplikasian yang tepat. Namun memakai produk maskara yang salah, terutama untuk pemilik mata sensitif bisa berdampak buruk mulai dari rasa gatal hingga iritasi. Kondisi mata sensitif banyak penyebabnya antara lain alergi musiman, migrain, sensitivitas cahaya, dan lensa kontak.

“Bahan-bahan di dalam makeup mata — termasuk maskara — mungkin memiliki efek berbahaya,” kata Dr. Mark Jacquot, OD, direktur klinis di LensCrafters kepada laman Well and Good. "Banyak produk maskara di pasaran yang menawarkan tampilan bulu mata panjang dan bervolume ternyata mengandung bahan-bahan negatif yang memengaruhi penglihatan Anda."

Jacquot menyarankan membaca label produk sebelum Anda membeli maskara. Hindari jika tertulis sejumlah bahan seperti berikut ini di produk maskara. Mulai dari bubuk aluminium, propilen glikol, retinil asetat, hingga aditif warna.

“Mata sensitif yang tidak cocok dengan maskara akan bereaksi dengan munculnya peradangan, gatal, dan rasa terbakar. Adapula beragam kondisi masalah di kelopak mata seperti infeksi yang juga dipicu oleh bahan-bahan tertentu di dalam produk makeup mata,” ucap Dr Jacqout. "Jadi, menjaga bulu mata dan kelopak mata Anda tetap bersih salah satu cara mencegah hal itu terjadi."

Selain memilih produk yang tepat, menerapkan kebersihan mata sangat penting untuk menghindari iritasi. "Menghapus maskara di penghujung hari dan menggunakan kembali atau mengganti maskara di sore hari merupakan kebiasaan yang bagus untuk mencegah penumpukan penumpukan bahan negatif pada mata dan bulu mata Anda," tambahnya.

Ilustrasi menggunakan maskara. Shutterstock

"Beberapa orang mungkin memiliki reaksi terhadap maskara tertentu sebab kulit mereka tidak cocok dengan kandungan tersebut," jelas penata rias Aliana Lopez. "Perlu diingat, tidak semua maskara dibuat sama dan Anda mungkin menemukan satu yang cocok untuk Anda.”

Reaksi sensitif setiap orang pun berbeda-beda. “Kalau saya jadi mudah menangis. Air mata saya banyak keluar sehingga merusak tampilan makeup,” ujar makeup artist Molly R Stern. Dia pun mengamini yag dikatakan Dr. Jacquot. Bila terjadi reaksi sensitif pada mata, dia menyarakan untuk segera menghapus maskara secara perlahan-lahan. Sementara Lopez menyarankan untuk dikompres dengan air dingin area mata dan tidak memakai produk itu lagi ke depannya.

“Untuk mata sensitif, disarankan memilih maskara berbasis air dan tidak beracun sebab kandungannya lebih ringan di mata dan bulu mata,” Dr Jacqout. Sebaiknya hindari maskara jenis waterproof. Sebab maskara tersebut agak sulit dihapus di pengujung hari dan lebih banyak meninggalkan sisa residu kimia yang menempel pada bulu mata.

Sebelum membeli maskara, terlebih dahulu mencoba produk untuk melihat apakah muncul reaksi sensitif. Dan tentunya, pastikan tanggal kedaluwarsa produk agar Anda tidak melapisi bulu mata dengan kumpulan bakteri. “Memilih maskara memang banyak melalui percobaan mana yang cocok dan tidak untuk pemilik mata sensitif. Setelah menemukan yang cocok, pertahankan itu demi kesehatan mata dan penglihatan Anda,” tandas Stern.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."