Trik Menghapus Maskara Waterproof Tanpa Membuat Bulu Mata Rontok

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menggunakan maskara. Shutterstock

Ilustrasi menggunakan maskara. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu keuntungan memakai produk makeup berbasis waterproof atau tahan air adalah tidak perlu khawatir mudah luntur. Manfaat itu menjadi daya tarik bagi perempuan yang ingin tetap terlihat optimal saat berkeringat ataupun wudhu usai salat. Maskara termasuk produk makeup lima teratas yang menawarkan keunggulan tahan air tersebut. Tujuannya agar bulu mata perempuan tetap on di segala suasana rintik hujan ataupun keringat turun kala berolahraga.

Selain memetik manfaat maskara tahan air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menghapus maskara tahan air ini, salah satunya Anda tidak bisa menghapusnya dengan air. Apakah Anda membersihkan maskara dengan pembersih muka atau micellar water menggunakan kapas, lalu menggosok-gosokkan ke bulu mata, sehingga menyebabkan bulu mata rontok? Cek saran sejumlah ahli kecantikan berikut.

Melansir laman Refinery29, para ahli kecantikan sependapat soal kesalahan umum yang sering dilakukan perempuan ketika membersihkan maskara tahan air, yaitu terlalu tergesa-gesa saat menghapus maskara.

"Kebanyakan perempuan tidak memberikan waktu pada penghapus makeup untuk bekerja menghilangkan maskara tahan air," ungkap penata rias Colby Smith. "Jika Anda terlalu cepat menggosokkan kapas, justru bisa merontokkan bulu mata Anda."

Cara yang benar untuk menghapus maskara tahan air ialah dilakukan secara perlahan. "Anda hanya perlu memegang dan menekan kapas yang sudah ditetesi pembersih di atas kelopak mata Anda selama beberapa detik. Diamkan selama beberapa saat, baru bersihkan," ucap penata rias Millie Morales.

"Kalian hanya perlu memberikan sedikit waktu lebih lama pada pembersih untuk melakukan tugasnya dan melunakkan maskara tahan air itu," tambah Smith.

Selain itu, jangan menarik bulu mata Anda ketika membersihkannya. "Jangan menarik bulu mata Anda. Coba bersihkan dengan cara memutar perlahan dalam gerakan maju dan mundur saat menggosoknya," tutur penata rias Dominique Lerma. Dia pun menegaskan untuk menggunakan pembersih khusus untuk produk tahan air.

Meskipun kapas diketahui memiliki banyak, terutama untuk penata rias, Lerma menyarankan bagi yang bukan berprofesi sebagai penata rias lebih baik memakai reusable cotton pads untuk menghapus riasan saat di rumah. Selain ramah lingkungan, cara kerja reusable cotton pads ini sama efektifnya dengan kapas biasa.

Selain micellar water, Anda juga bisa menggunakan pembersih berbasis minyak. "Pembersih makeup berbasis minyak bisa membersihkan bulu mata Anda secara menyeluruh," imbuh Lerma.

Namun, apapun produk yang Anda pilih untuk menghilangkan maskara tahan air, kunci keberhasilan menghapusnya tetap bersikap lembut dan memastikan semua maskara sudah terangkat, sekalipun itu butuh waktu lebih lama.

"Meninggalkan sisa produk dapat menyebabkan kerusakan bulu mata. Sisa-sisa maskara atau bulu mata yang rontok juga bisa berakhir di mata," urai dokter kulit Hadley King, MD. "Hal itu bisa menyebabkan iritasi, kornea lecet, atau dampak terburuknya adalah infeksi." Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk fokus saat membersihkan riasan wajah Anda, contohnya maskara tahan air.

GALUH PUTRI RIYANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."