Ketiak Cerah Mempengaruhi Percaya Diri Perempuan, Kata Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ketiak perempuan. (Pixabay/Nicolagiordano)

Ilustrasi ketiak perempuan. (Pixabay/Nicolagiordano)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat membahas tingkat percaya diri perempuan biasanya dikaitkan dengan kondisi wajah, lekuk tubuh, model potongan rambut hingga gaya busana. Bisa dibilang hal-hal yang terlihat secara kasat mata. Namun bukan hanya itu yang mempengaruhi kepercayaan diri perempuan, ketiak yang jarang nampak pun ikut berperan besar dalam tingkat percaya diri perempuan.

Menurut data penelitian psikolog Tara de Thouars bersama Rexona yang melibatkan 100 perempuan di 10 kota besar di Indonesia menunjukkan kondisi kulit ketiak mempengaruhi tingkat percaya diri perempuan. “Kami mensurvei perempuan usia 18-35 tahun sebab itu merupakan rentang usia produktif yang memiliki banyak kegiatan sehingga butuh tampil percaya diri secara maksimal,” tutur Tara saat ditemui di acara peluncuran Rexona Dry Serum di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis 19 September 2019.

Dipaparkan oleh Tara bahwa sebanyak 54 persen perempuan sangat setuju kondisi ketiak sangat mempengaruhi rasa percaya diri. “Padahal bagian tubuh itu tidak kelihatan, sesuatu yang bisa kita tutupi. Tapi menurut mereka itu mempengaruhi percaya diri, termasuk perempuan berhijab,” tukasnya.

Psikolog klinis Tara de Thouars di acara Lighthouse Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu 27 Februari 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

Tidak hanya kondisi ketiak, tingkat kecerahan ketiak juga mempengaruhi level percaya diri perempuan. Dari 100 perempuan terbukti 56 persen sangat setuju ketiak cerah mendukung percaya diri. Sementara 53 persen setuju ketiak cerah tetap penting meskipun tidak terlihat.

Dari hasil survei tersebut, Tara membuktikan pula 52 persen tingkat percaya diri perempuan berasal dari self-care. “Saat kita memiliki gambaran yang positif atau self-image. Kalau kita punya imej yang baik tentang tubuh kita sendiri maka mengarahkan kita lebih percaya diri. Tenutnya untuk mempunyai gambaran positif ke diri sendiri harus melakukan tindakan, seperti merawat tubuh. Salah satunya pemakaian rutin deodoran untuk ketiak,” paparnya.

Dari penelitian yang sama dinyatakan pula bahwa 48 persen perempuan sangat setuju ketiak cerah bisa meningkatkan performa dan interaksi dengan orang lain atau interpersonal. “Meski tidak terlihat, tapi mereka jadi lebih percaya diri saat tampil di depan publik. Dengan kulit ketiak yang cerah bisa meningkatkan lima poin level percaya diri perempuan,” tandasnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."