Cara Bijak Menegur Orang Berbau Ketiak Tak Sedap, Kata Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ketiak warna-warni. cosmopolitan.com

Ketiak warna-warni. cosmopolitan.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak bisa dipungkiri masyarakat Indonesia merupakan tipe pribadi yang enggan menegur karena takut orang lain tersinggung, bahkan menyakiti orang lain. Terlebih lagi saat ingin menegur orang dengan bau ketiak tak sedap. Tapi bila tujuannya baik, maka pilihlah jalan penyampaian yang bijak pula

Menegur itu memang paling tidak enak, apalagi orang Indonesia terbiasa enggak menyakiti orang lain. Kalau hubungannya sudah cukup dekat, kita bisa terbuka langsung. Karena menegur itu pertanda kita care dan sayang dengan orang itu,” ucap Tara de Thouars psikolog yang ditemui di acara peluncuran Rexona Dry Serum di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis 19 September 2019.

Akan lain ceritanya bila Anda tidak dekat dengan orang tersebut, Tara menyarankan untuk memilih prolog yang positif. “Saat menegur orang jangan langsung, ‘eh ketiak kamu baunya enggak enak atau ketiak kamu basah tuh'. Hindari pilihan kalimat seperti itu karena membuat orang tersebut akan syok,” terang Tara.

Pilihlah cara yang lebih halus dan bijak seperti di kalimat-kalimat awalnya. “Misalnya, aku tuh peduli banget sama kamu, kamu itu teman yang oke banget, aku pengennya kamu happy, aku juga happy, mungkin lebih baik kalau misalnya kamu…,” ucap Tara.

Jangan langsung ungkapkan maksud teguran Anda. Biasanya ketika orang syok, responsnya tidak akan baik. “Respons mereka seperti membangun benteng, seperti emang kenapa, kamu aja kali yang ngerasa. Jadi marah-marah padahal tujuan kita baik. Pakailah prolog positif yang lebih mudah diterima,” tandas Tara.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."