9 Khasiat Lidah Buaya Redakan Sariawan dan Organ Pencernaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tumbuhan lidah buaya tidak hanya terkenal di dunia perawatan kulit dan produk kecantikan, tetapi juga menyimpan khasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang tajam ini juga ternyata memiliki segudang manfaat  mulai dari mengontrol gula darah, melancarkan pencernaan hingga meredakan sariawan. Tapi perlu diingat, penggunaan lidah buaya bukanlah pengganti pengobatan dari dokter.

Berikut sejumlah manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh.

1. Meredakan sariawan
Mengoleskan lidah buaya pada sariawan, dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Namun, lidah buaya tidak lebih efektif dari obat sariawan yang bisa Anda dapatkan di apotek.

2. Mengurangi peradangan di gusi
Jus lidah buaya dipercaya membantu meredakan peradangan yang terjadi di gusi. Manfaat lidah buaya yang satu ini didapatkan dari kandungan antimikroba dan antibakteri di dalamnya.

3. Menjaga kesehatan rongga mulut
Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, penggunaan produk kebersihan rongga mulut yang mengandung lidah buay bisa mencegah infeksi jamur di rongga mulut hingga radang gusi.

4. Membantu penyembuhan luka bakar
Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat oles pada luka bakar derajat satu dan derajat dua. Penyembuhan luka bakar yang perawatannya menggunakan lidah buaya, dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan.

5. Membantu melancarkan pencernaan
Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus, untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebab, bagian luar lidah buaya, mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.

6. Mengatasi gejala GERD
Lidah buaya juga berpotensi membantu meredakan gejala GERD seperti mual, sendawa, serta nyeri ulu hati. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi lidah buaya secara berlebihan, dan tetap berhati-hati terhadap efek yang mungkin ditimbulkannya.

7. Mencegah terbentuknya ulkus di lambung
Kandungan vitamin C dan antiradang dalam lidah buaya, membantu mencegah terbentuknya ulkus atau perlukaan di lambung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus.

8. Membantu menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jus lidah buaya sebanyak dua sendok makan setiap hari selama dua minggu, dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa dengan pola konsumsi yang sama, kadar trigliserida dalam darah dapat diturunkan.

9. Sebagai sumber vitamin C
Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini baik untuk kesehatan karena dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Meski manfaat lidah buaya sangatlah beragam, tapi penggunaannya dalam jangka panjang ternyata tidak disarankan. Pasalnya, lidah buaya mengandung aloin, yaitu suatu zat yang dapat memicu terjadinya kanker kolon atau usus besar. Pada lidah buaya, aloin ditemukan di lapisan antara daun serta daging bagian dalamnya.

Saat ini, produk berbahan lidah buaya sudah menghilangkan kandungan tersebut. Namun, sebaiknya Anda tetap waspada dan memeriksa informasi kandungan pada label produk

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."