Aturan Pakai Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lidah buaya salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Tak sedikit orang yang menggunakan tananman yang dikenal dengan nama aloe vera ini sebagai masker untuk rambut.

Baca juga: Beda Cara Pakai Produk Kecantikan Aloe Vera 90 dan 99 Persen

Menurut para ahli, lidah buaya memiliki tingkat pH yang mirip dengan tingkat pH alami rambut, kadar air yang tinggi, serta kaya vitamin dan mineral. Penny James, pemilik salon konsultan Trichology di Amerika Serikat, mengatakan lidah buaya mengandung 75 bahan aktif seperti asam amino esensial dan mineral seperti tembaga dan seng yang telah terbukti secara klinis menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Gel lidah buaya membantu meringankan kulit kepala yang kering atau terbakar sinar matahari dan dapat menjadi produk untuk menata rambut serba guna. "Sebagai conditioner dan agen pelembap, lidah buaya sangat bermanfaat untuk kekuatan batang rambut dan mudah-mudahan merangsang pertumbuhan," tambah James seperti dikutip dari laman Elle.

Ilustrasi lidah buaya untuk kecantikan. Stylesamba.com

Sementara itu menurut Stephen Ko, seorang perumus kosmetik, studi ilmiah belum menunjukkan hasil yang mendukung tentang klaim itu. Meski begitu, lidah buaya ternyata memiliki kelemahan. Selama ini lidah buaya dikerap digunakan sebagai kondisioner yang baik untuk rambut. Namun Stephen Ko mengatakan formulator kosmetik lidah buaya mengandung polisakarida yang dapat membentuk film pada kulit atau rambut, sehingga memiliki sifat mengikat air.

Chimere Faulk, penata rambut dan pencipta Dr. Locs, mencatat bahwa ada beberapa cara untuk menggunakan lidah buaya mentah maupun gel lidah buaya. Dia menyarankan untuk mencampur lidah buaya mentah dengan minyak pembawa favorit  sebagai kondisioner atau hanya mencampurnya dengan kondisioner untuk mendapatkan kelembapan ekstra.

"Apa pun yang mentah dan dibuat hanya dari rumah tanpa bahan pengawet perlu disimpan di lemari es agar lidah buaya tidak menjadi tengik," ujar Locs. "Ini juga mengapa saya merekomendasikan untuk membilas gel lidah buaya mentah setelah menggunakannya di rambut Anda untuk beberapa menit hingga beberapa jam. "

Gel lidah buaya murni dapat membentuk lapisan tipis pada rambut, sehingga mereka yang memiliki rambut sangat halus dan kering mungkin merasa rambut mereka terasa sangat renyah. Namun cara kerjanya tetap tergantung pada jenis rambut Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."