Jangan Simpan Keju dan 6 Bahan Ini di Freezer, Cek Alasannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keju. Shutterstock

Ilustrasi keju. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu kiat untuk menjaga kandungan gizi bahan makanan yang belum diolah adalah menyimpannya di dalam freezer. Dengan kondisi minus 18 derajat celcius, freezer mampu mengunci kandungan baik di dalam bahan makanan tersebut selama tiga bulan. Namun, tidak semua jenis bahan makanan boleh disimpan di freezer. Alasannya dari penurunan kualitas bahan hingga soal rasa yang berubah bila disimpan di freezer. 

Melansir laman Daily Meal, berikut beberapa makanan yang disarankan tidak dibekukan atau disimpan di freezer.

1. Keju

Freezer dapat mengubah rasa dan tekstur keju, tapi jika tujuannya membuat keju tabur parmesan jadi lebih bertahan lama, freezer bisa jadi pilihan.

2. Sayuran hijau

Berniat membuat salad? Jangan masukkan sayuran hijau ke dalam freezer. Sayuran ini mengandung banyak air. Ketika dibekukan, air yang menjaga bentuk daun berubah, sehingga sayuran yang tadinya segar berubah jadi basah dan "melempem".

Tidak masalah di dalam freezer, jika sayur mayur itu ingin dijadikan jus sayur atau ditumis di penggorengan. Lain ceritanya kalau mau dibuat jadi salad atau hidangan lain yang menyajikan sayuran dalam kondisi mentah, freezer adalah ide buruk.

3. Kentang

Kentang mentah mengandung air yang konsistensinya berubah saat dibekukan. Saat kentang beku dicairkan, hasilnya akan lembek, berlendir, dan tekstur yang tidak menggugah selera.

4. Timun

Timun salah satu bahan makanan yang mengandung banyak air, lebih dari 90 persen berisi air. Saat dibekukan, airnya akan berubah jadi kristal es. Sebenarnya tidak masalah, tapi tekstur timun akan berubah dan tidak renyah saat digigit. Timun beku yang dicairkan akan jadi lebih lembek.

5. Tomat

Tekstur tomat akan berubah sejak masuk ke freezer, jadi lembek dan lengket. Perubahan ini disebabkan jumlah air dalam tomat yang jadi berubah saat dibekukan. Tapi jika tomat disimpan untuk kebutuhan lain seperti membuat saus tomat atau dimasukkan ke dalam sop, freezer bukan masalah. Walau disimpan di freezer, rasa tomat tidak berubah dalam waktu lama.

6. Daging beku

Saat sudah mencairkan daging beku dari freezer, sebaiknya langsung dimasak dan jangan dimasukkan lagi ke tempat pembeku. Meski aman untuk dimakan, daging itu akan jadi kering teksturnya berubah, membuat hidangan tak senikmat biasanya.

7. Makanan kaleng

Dalam situasi apa pun, jangan masukkan makanan kaleng yang belum dibuka di freezer. Air akan mengembang saat membeku, bisa saja kalengnya jadi bocor dan membuat freezer Anda jadi berantakan.

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."