Begini Cara Menyimpan Daging di Kulkas yang Benar

ragam

Begini Cara Menyimpan Daging di Kulkas yang Benar

Rabu, 14 Agustus 2019 05:30 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat belanja daging di pasar atau supermarket, beberapa orang tidak langsung mengolahnya di hari yang sama. Ada sebagian daging yang disimpan untuk stok bahan masakan beberapa hari ke depan. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui bagaimana cara menyimpan daging di kulkas agar kualitasnya tetap terjaga.

Banyak bakteri berkembang di produk hewani. Jadi, sangat penting untuk memerhatikan cara menyimpan daging di kulkas agar awet.

Sebelum memegang daging atau makanan apa pun yang akan disimpan di kulkas, cuci tangan Anda setidaknya 20 detik sebelum memegang daging. Sebab, bakteri di tangan dapat menyebar dengan cepat ke daging.

Karena bakteri dapat menyebar cepat, pisahkan penyimpanan daging dari makanan lainnya di kulkas. Sebagian kulkas memiliki kompartemen daging di bagian bawahnya, tapi sebagian besar tidak. Untuk yang tidak memiliki tempat khusus, Anda bisa meletakkannya di di rak terendah. Tujuannya adalah agar cairan yang ada di daging mentah tidak menyebar ke makanan lain.

Daging mentah yang tidak diawetkan umumnya bisa bertahan selama sekitar tiga hari di kulkas. Atur suhu kulkas Anda di sekitar 34 derajat Fahrenheit atau 1,1 derajat Celcius untuk memperpanjang umur simpan makanan.

Jika Anda berencana untuk menyimpan daging mentah lebih lama, cara terbaiknya adalah membekukannya di freezer. Sebelum disimpan di freezer, kemas daging dalam wadah yang aman. Anda bisa memilih plastik kedap udara untuk menjaga kualitas makanan.  

Sebaiknya simpan daging dalam bungkusan untuk sekali masak jangan lupa menuliskan tanggal penyimpanan. Daging mentah di freezer dapat bertahan selama sekitar 6 bulan. Pastikan suhu freezer 0 derajat Fahrenheit atau 17,8 derajat Celcius untuk membantu mempertahankan gizi dan menjaga makanan tetap segar.