6 Manfaat Jus Kentang, Bisa Lawan Pertumbuhan Sel Kanker

Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

kesehatan

6 Manfaat Jus Kentang, Bisa Lawan Pertumbuhan Sel Kanker

Kamis, 1 Agustus 2019 19:23 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jus kentang dikenal kaya akan manfaat. Cukup dengan menggabungkan air dan potongan kentang pada blender saja, rupanya bisa memberikan perlindungan hingga kesembuhan atas berbagai macam penyakit.

Penasaran apa saja? Melansir laman Health Line dan The Finder, berikut adalah enam manfaat baik jus kentang.

1. Mengatasi masalah pencernaanJus kentang dikenal memiliki sifat basa yang tinggi. Sehingga, kentang pun dapat berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan meredakan sakit perut. Lebih dari itu, kentang juga merupakan sejenis pati resisten sehingga dapat menenangkan gangguan pencernaan.

2. Mencegah penyakit kronisAntioksidan yang ditemukan dalam jus kentang memiliki sifat anti inflamasi. Dimana ini bisa membantu mencegah penyakit kronis seperti radang sendi dan eksim. Lebih dari itu, jika Anda sudah merupakan pasien penyakit-penyakit ini, jus kentang juga dapat mengurangi rasa sakit selama masa pemulihan.

3. Meningkatkan nafsu makanSaat sedang sakit, seseorang mungkin mengalami penurunan nafsu makan. Namun dengan mengonsumsi jus kentang, kandungannya pun terbukti ampuh memperbaikinya. Sebab dalam hal ini, jus kentang akan mendukung pelipatgandaan bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, ini pun efektif meningkatkan nafsu makan.

4. Melawan pertumbuhan sel kankerMeskipun tidak terbukti secara ilmiah, beberapa orang mengklaim bahwa jus kentang dapat membantu melawan kanker dengan menghambat sel-sel kanker dari kerusakan atas sel-sel sehat lainnya. Beberapa penelitian bahkan mengaitkan minum jus kentang setiap hari dengan kesehatan yang berangsur membaik pada pasien kanker usus besar.

5. Mengatasi kulit yang terbakarUsai berlibur di pantai, banyak orang akan mengalami masalah dengan perubahan warna kulit yang terbakar. Tak melulu harus diminum, jus kentang rupanya juga bisa dioleskan pada kulit Anda. Dipercaya, kandungannya dapat meringankan rasa sakit dan diskolorasi. Selain itu, jus kentang juga bisa mengurangi kekeringan kulit yang berlebihan.

6. Mengatasi rambut rontokCampurkan jus kentang dengan lidah buaya. Lalu, oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut Anda. Dipercaya, kentang bisa membantu mengatasi rambut rontok serta merawat rambut agar lembap dan bersinar. Apabila Anda menambah campuran tadi dengan madu dan putih telur, jus kentang bahkan dikatakan ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA