6 Manfaat Jus Kentang, Bisa Lawan Pertumbuhan Sel Kanker

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jus kentang dikenal kaya akan manfaat. Cukup dengan menggabungkan air dan potongan kentang pada blender saja, rupanya bisa memberikan perlindungan hingga kesembuhan atas berbagai macam penyakit.

Penasaran apa saja? Melansir laman Health Line dan The Finder, berikut adalah enam manfaat baik jus kentang.

1. Mengatasi masalah pencernaan
Jus kentang dikenal memiliki sifat basa yang tinggi. Sehingga, kentang pun dapat berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan meredakan sakit perut. Lebih dari itu, kentang juga merupakan sejenis pati resisten sehingga dapat menenangkan gangguan pencernaan.

2. Mencegah penyakit kronis
Antioksidan yang ditemukan dalam jus kentang memiliki sifat anti inflamasi. Dimana ini bisa membantu mencegah penyakit kronis seperti radang sendi dan eksim. Lebih dari itu, jika Anda sudah merupakan pasien penyakit-penyakit ini, jus kentang juga dapat mengurangi rasa sakit selama masa pemulihan.

3. Meningkatkan nafsu makan
Saat sedang sakit, seseorang mungkin mengalami penurunan nafsu makan. Namun dengan mengonsumsi jus kentang, kandungannya pun terbukti ampuh memperbaikinya. Sebab dalam hal ini, jus kentang akan mendukung pelipatgandaan bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, ini pun efektif meningkatkan nafsu makan.

4. Melawan pertumbuhan sel kanker
Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, beberapa orang mengklaim bahwa jus kentang dapat membantu melawan kanker dengan menghambat sel-sel kanker dari kerusakan atas sel-sel sehat lainnya. Beberapa penelitian bahkan mengaitkan minum jus kentang setiap hari dengan kesehatan yang berangsur membaik pada pasien kanker usus besar.

5. Mengatasi kulit yang terbakar
Usai berlibur di pantai, banyak orang akan mengalami masalah dengan perubahan warna kulit yang terbakar. Tak melulu harus diminum, jus kentang rupanya juga bisa dioleskan pada kulit Anda. Dipercaya, kandungannya dapat meringankan rasa sakit dan diskolorasi. Selain itu, jus kentang juga bisa mengurangi kekeringan kulit yang berlebihan.

6. Mengatasi rambut rontok
Campurkan jus kentang dengan lidah buaya. Lalu, oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut Anda. Dipercaya, kentang bisa membantu mengatasi rambut rontok serta merawat rambut agar lembap dan bersinar. Apabila Anda menambah campuran tadi dengan madu dan putih telur, jus kentang bahkan dikatakan ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."