4 Langkah Memakai Foundation bagi Pemula

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi foundation dan kuas makeup. Pixabay.com

Ilustrasi foundation dan kuas makeup. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemakaian foundation bagi pemula bisa menjadi tricky moments. Bila tepat pemakaiannya, foundation akan melapisi kulit wajah dengan sempurna dan nampak natural. Akan lain ceritanya bila salah penggunaannya, wajah bisa terlihat berminyak, pecah-pecah, terlalu keputihan atau cenderung lebih gelap. Tapi tak perlu khawatir, sejumlah langkah bisa diikuti para pemula untuk menerapkan foundation yang sesuai dengan kulit wajahnya.

Mari kita simak cara memakai foundation bagi pemula yang dibagikan laman Cosmopolitan.

1. Perlindungan dasar kulit wajah

Jangan pernah melewatkan langkah ini sebab kandungan makeup memiliki kecenderungan untuk mengendap di kulit, sehingga bisa menyebabkan kulit kering dan kerutan. Bila Anda melewatkan langkah membersihkan dan melembapkan kulit, jangan berharap foundation bisa melekat di kulit wajah.

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan pelembap dan berikan pijatan ringan di area wajah (bersamaan dengan produk perawatan kulit wajah di pagi hari). Diamkan selama 15 menit agar meresap ke dalam kulit, setelah itu baru gunakan foundation.

2. Trik memilih formula dan warna foundation

Pemilihan formula foundation yang sesuai kulit wajah merupakan poin penting. Bila Anda tidak ingin menutupi bintik-bintik wajah seperti Meghan Markle, pilih foundation dengan keterangan lightweight atau hydrating.

Jika Anda ingin sedikit meratakan warna kulit, pilih formula foundation dengan kategori sedang. Di label produk tersemat informasi semi matte atau satin sebagai hasil akhirnya.

Bagi yang ingin menyamarkan bekas jerawat, hiperpigmentasi, atau kulit kemerahan, pilih formula foundation yang menuliskan keterangan full coverage atau matte.

Untuk memilih warna foundation yang cocok dengan kulit, cobalah memakai produk di bawah sinar matahari. Trik itu yang paling tepat untuk menentukan seri warna foundation yang sesuai kulit wajah. Bukan mencoba di leher, punggung tangan atau mengaplikasikan di bagian kulit wajah tergelap sekalipun.

Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

3. Cara pemakaian foundation

Menurut para makeup artist, penggunaan beauty blender atau spons makeup  merupakan cara yang tepat untuk memakai foundation bagi pemula. Sebab pemakaian kuas untuk foundation bisa meninggalkan garis-garis kecil di wajah. Bila hanya memakai ujung jari akan menyulitkan para pemula untuk meratakan foundation secara natural.

Terlebih dahulu basahi beauty blender atau spons dengan sedikit air. Kemudian letakkan sedikit foundation di beberapa titik wajah, yaitu dahi, pipi, dan dagu dengan ujung jari Anda. Setelah itu, ratakan dengan gerakan mengetuk berulang kali di bagian foundation ke arah garis rambut dan bagian atas wajah untuk meratakan warna. Lalu, ratakan kembali foundation ke arah dagu dan rahang bawah wajah.

Mengingat foundation tidak diperuntukkan untuk menutup sempurna bekas jerawat, gunakanlah concealer di area-area tersebut. Aplikasikan concealer dengan spons setelah foundation benar-benar meresap.

4. Sentuhan akhir

Gunakan kuas makeup berbulu besar dan bedak jenis loose setting powder (pastikan untuk meratakan bedak di dalam kemasan), aplikasikan dengan gerakan memutar perlahan di area yang cenderung berminyak seperti zona T di wajah. Bila bedak yang diambil terlalu banyak, tak perlu khawatir cukup atasi dengan menyemprotkan face mist atau setting spray wajah untuk tampilan natural.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."