8 Tips Makeup Supaya Foundation Menempel Sempurna di Wajah

Ilustrasi makeup flawless

kecantikan

8 Tips Makeup Supaya Foundation Menempel Sempurna di Wajah

Senin, 3 September 2018 08:38 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu kunci agar makeup wajah sempurna adalah pemakaian foundation atau alas bedak yang tepat. Tak semua orang bisa memakai foundation dengan sukses dan mendapat tampilan makeup yang diinginkan. Padahal foundation dapat menutupi kekurangan di wajah seperti noda hitam, bekas jerawat, atau warna kulit yang tidak merata.

Baca juga:Bos Sariayu Ceritakan Tantangan Makeup Penari di Asian Games 2018

Hanya saja, kalau memakai warna foundation terlalu terang misalnya, maka hasil akhir makeup akan terlihat seperti topeng. Memakai foundation terlalu banyak juga membuat riasan menjadi tebal atau cakey dan butuh waktu cukup lama untuk meresap.

Supaya foundation dapat menempel sempurna pada kulit wajah, ada beberapa trik yang dapat dilakukan dari beberapa makeup artist ternama berikut ini.

  • Mulai dengan eksfoliasi kulitAwal dari makeup yang bagus adalah rutinitas perawatan kulit yang baik. Jelas lebih mudah meningkatkan tampilan kulit dengan foundation jika kulit kamu sehat. "Langkah pertama agar foundation terlihat natural adalah perawatan kulit," kata penata rias Suzy Gerstein, seperti dikutip dari laman Self. "Saya biasanya menggunakan eksfoliant untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati sehingga permukaan kulit terlihat cerah dan halus." Selain menghaluskan kulit, eksfoliasi juga dapat membuat produk menempel pada wajah.

  • Pakai pelembapIni adalah langkah perawatan kulit penting yang membantu aplikasi dasar. Pakai pelembap yang tepat sesuai kebutuhan kulit sebelum menggunakan makeup. "Melakukan perawatan kulit adalah hal yang paling penting," kata penata rias Andrew Sotomayor. "Jika foundation cenderung terlihat kering, pakailah krim atau face oil." Jika memiliki kulit berminyak dan memakali foundation membuat wajah terlihat bersinar, coba gunakan pelembap yang ringan dan cepat menyerap.

  • Gunakan pelembap setelah memakai makeupTerkadang masih terlihat area yang kering, terutama di sekitar lubang hidung, meski sudah melakukan eksfoliasi dan memakai pelembap sebelum mengaplikasikan foundation. Untuk mengatasi ini, Suzy Gerstein merekomendasikan pakai kapas atau sikat buffing kecil untuk menyeka sedikit pelembap ke area wajah yang kering untuk merapikan makeup.

  • Pilih foundation cair"Salah satu cara termudah untuk mendapatkan aplikasi foundation yang sempurna dan alami dengan menggunakan foundation cair daripada krim atau bubuk," kata makeup artist selebriti Joey Camasta. Secara keseluruhan, foundation cair lebih mudah untuk diterapkan dan bisa mengikuti tekstur kulit.

  • Aplikasikan foundation cair dengan spons basahSupaya foundation tidak cakey, Joey Camasta menyarankan agar mengaplikasikannya dengan spons basah. Sedangkan Suzy Gerstein mengatakan, untuk mendapatkan konsistensi yang sempurna, gunakan air hangat dan meremasnya dengan tisu dapur. "Pakai spons sampai benar-benar meresap ke kulit, bukan hanya di permukaan saja," katanya. Aplikasikan juga di bawah dagu dan sekitar leher untuk membaurkan warna sehingga cakupannya terlihat lebih mulus.

  • Aplikasikan tipis-tipisSuzy Gerstein mengatakan gunakan foundation tipis-tipis untuk melihat apakah harus mengaplikasikannya ke seluruh wajah atau hanya bagian-bagian tertentu saja. "Cara ini juga memberikan waktu buat makeup untuk meresap dan perhatikan bagaimana reaksi kulit," katanya. Artinya, jika foundation mulai mengelupas di area tertentu, langkah berikutnya adalah menambahkan pelembap. Atau jika bagian atas hidung semakin mengkilap, gunakan sedikit setting powder.

  • Pakai face oil Alih-alih melapisi foundation dengan highlighter, makeup artist Ashleigh Ciucci merekomendasikan face oil atau highlighter cair pada tulang pipi, di tengah dahi dan batang hidung sebelum menggunakan foundation agar makeup terlihat natural.

  • Gunakan dalam jumlah sedikitUntuk mendapatkan foundation yang terlihat alami, para makeup artist professional memiliki kunci yang sama, yaitu memakainya dalam jumlah sedikit. Cara ini memudahkan proses pembauran foundation ke seluruh wajah. Joey Camasta bahkan merekomendasikan membeli foundation yang menggunakan pipet di bagian atasnya agar isi foundation tidak keluar terlalu banyak. Dan tentu lebih hemat juga kan.