Ketahui Ada Piramida Perawatan Kulit Wajah Agar Tidak Kebablasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah perempuan yang putih mulus bersinar ala wanita Korea. shutterstock.com

Ilustrasi wajah perempuan yang putih mulus bersinar ala wanita Korea. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas perawatan kulit wajah salah satu langkah untuk mendapatkan tampilan kulit sehat dan segar. Namun acapkali beberapa di antara kita merawat kulit wajah secara berlebihan dengan harapan mendapatkan hasil kinclong secara kilat. Misalnya eksfoliasi dibarengi facial beberapa kali dalam seminggu ataupun masker wajah setiap hari. Ada baiknya memperhatikan waktu perawatan kulit wajah yang tepat seperti di dalam piramida rutinitas kecantikan.

Melansir dari laman Well and Good, Instagram dari Toni Esthetician membagikan piramida rutinitas perawatan kulit wajah. Tujuan pengaturan waktu perawatan ini ditinjau demi proses perubahan kulit wajah hingga mencegah jumlah kimia yang masuk secara berlebihan.

Untuk rutinitas harian perawatan kulit wajah disarankan mengaplikasikan pembersih wajah, cairan asam, krim mata, tabir surya, serum, dan pelembap.

Sementara perawatan wajah dalam waktu seminggu sekali adalah eksfoliasi, masker wajah, dan arus mikro. Namun tidak boleh melakukan ketiga perawatan itu sekaligus dalam satu waktu.

Kemudian perawatan wajah yang disarankan secara bulanan di antaranya facial, peeling, dermaplaning, hingga mikrodermabrasi.

Menurut Shasa Hu, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Bialife di Miami, Amerika Serikat, piramida rutinitas kecantikan itu merupakan panduan yang baik. Namun, dia mengingatkan, ada satu hal lain yang perlu diingat bagi pemilik kulit wajah sensitif.

“Hati-hati Anda tidak bisa melakukan microdermabrasi, eksfoliasi, dan facial secara bersamaan jika Anda memiliki kulit sensitif,” katanya. “Ritual bulanan tidak dimaksudkan pula untuk dilakukan setiap bulan. Bisa juga dijadikan dua bulan sekali,” tambahnya.

Satu hal lagi yang disarankan Shasa, yaitu mengunjungi dokter kulit setidaknya setahun sekali. Dengan begitu, Anda akan dapat mengetahui dengan pasti bahwa rutinitas perawatan kulit wajah Anda sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."