Tips Makeup Supaya Concealer Menyatu dengan Warna Kulit

Concealer. shutterstock.com

kecantikan

Tips Makeup Supaya Concealer Menyatu dengan Warna Kulit

Senin, 4 Maret 2019 15:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi sebagian orang concealer merupakan item makeup yang tak boleh dilewatkan. Fungsinya mulai dari menutupi jerawat, noda hitam, sampai lingkaran baru di bawah mata. Namun, tak mudah memilih concelaer yang pas untuk warna kulit, cara pemakaiannya pun harus tepat agar hasilnya terlihat alami. Makeup artist Grace Lee, memberikan beberapa tips makeup menggunakan concealer dengan benar.

Baca juga: Tips Pakai Concealer yang Tepat Versi Makeup Artist Ryan Ogilvy

Jika Anda memiliki lingkaran hitam, pilihlah concealer yang mengandung Haloxyl. Peptida yang dapat mendorong pelepasan bilirubin dan zat besi dari kulit, sehingga membantu meminimalkan kantung mata. Saat mengaplikasikannya hanya gunakan di area yang dibutuhkan.

Biasanya kita ingin menggunakan concealer di seluruh area bawah mata. Tapi sebaiknya fokuslah menempatkan produk di tempat yang sebenarnya Anda butuhkan. "Jujur, lihatlah matamu," kata penata rias Maybelline, Grace Lee seperti dikutip dari Maybelline. "Anda seharusnya hanya gunakan di area yang warnanya tak merata atau lebih hitam.”

Concealer. shutterstock.com

Meski sudah menggunakan concealer namun lingkaran hitam di bawah masih belum memudar, bisa ditambahkan korektor warna sebelum mengaplikasikan concealer. Prinsip menggunakannya, semakin dalam warna kulit Anda, semakin banyak warna oranye yang Anda butuhkan untuk menghilangkan warna ungu. Misalnya, jika Anda memiliki kulit putih pilih korektor warna merah muda pucat. Jika Anda memiliki kulit lebih gelap, gunakan korektor oranye atau bahkan kemerahan.

Sedangkan jika Anda ingin menutupi noda hitam di wajah, gunakan korektor berwarna hijau. Sebelumnya, bersihkan area wajah dan gunakan krim bebas minyak di area itu. Lalu buat titik-titik dengan korektor berwarna hijau untuk menyamarkan kemerahan, setelah itu aplikasikan sedikit concealer.

Grace Lee mengingatkan untuk memiliki concealer yang warnanya paling dekat dengan warna kulit. Untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, gunakan warna yang dua kali atau lebih terang dari warna kulit. Tapi untuk menyamarkan noda hitam, pilih yang benar-benar cocok dengan warna kulit.

Selain itu, tips lainnya saat mengaplikasikan concealer sebaiknya jangan menumpuk produk. Concealer akan menghilangkan kemerahan, tapi tidak akan mengurangi ukuran noda Anda, kata Lee. "Daripada memakai banyak makeup, aku sarankan menggunakan kuas yang sangat kecil, sangat halus untuk melakukan stroke mikro atau titik-titik dan kemudian baurkan dengan beberapa tepukan jari manismu."