Trik Latihan Tidur untuk Anak Usia Usia Sekolah

Ilustrasi anak tidur (pixabay.com)

keluarga

Trik Latihan Tidur untuk Anak Usia Usia Sekolah

Jumat, 23 Agustus 2019 11:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat masih bayi, tidur merupakan kegiatan favorit buah hati Anda. Mereka lebih mudah terlelap dibandingkan anak yang sudah menginjak usia lima tahun. Semakin bertambahnya usia, anak-anak mulai menggemari kegiatan yang baru dilihat atau dipelajarinya, contohya asyik bermain. Mereka lebih senang bermain dibandingkan saat diarahkan untuk tidur.

Itu sebabnya latihan tidur juga penting diterapkan kepada anak usia lima tahun. Di dalam buku It’s Never Too Late to Sleep Train, Dr. Craig Canapari MD, Direktur Pediatric Sleep Center Universitas Yale dan ayah dua putra mengungkapkan keberhasilan latihan tidur ini tergantung pada ketekunan orang tuanya.

Melansir dari laman Purewow, berikut trik untuk orang tua saat menerapkan latihan tidur kepada anak

1. Waktu merupakan hal terpenting

“Waktu terbaik untuk memulai rutinitas sebelum tidur adalah ketika Anda membawa pulang anak Anda dari rumah sakit,” tulis Canapari. "Waktu terbaik kedua adalah terapkan sejak hari ini."

Untuk sebagian besar anak-anak hingga usia 10 tahun, waktu tidur optimal adalah antara 7:30 dan 8:30 malam. Untuk mengetahui kapan waktu tidur ideal anak Anda, perhatikan waktu ia benar-benar tertidur setiap malam. Kemudian, mulailah rutinitas tidur Anda kira-kira 45 menit sebelum waktu tidurnya.

Jangan pula memulai waktu tidur anak lebih awal sebab tidak akan berhasil. Hal itu akan menimbulkan tekanan dan beragam reaksi penolakan dari anak. Canapari menulis: “Saya akan melakukan apa saja untuk mencegah anak-anak saya kembali ke lantai bawah setelah kami mulai menyikat gigi.”

Selanjutnya komunikasi dan persiapan terencana