Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Mental hingga Nyeri Otot

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi kunyit (pixabay.com)

ilustrasi kunyit (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua dari kita sudah mengenal kunyit sebagai bumbu dapur, rempah hingga obat-obatan herbal. Di India, kunyit diberi julukan sebagai dewi emas dan telah digunakan di dalam rangkaian pengobatan ayurveda sejak beberapa abad silam. Salah satu manfaat dari kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan kaya antioksidan.

Namun tidak hanya itu, kunyit juga menyimpan beragam manfaat lainnya seperti dikutip dari laman Mind Body Green.

1. Kunyit dapat mengurangi nyeri otot dan sendi

Apakah Anda seorang atlet yang kompetitif, Anda berlari sepanjang 5 km untuk pertama kalinya, atau Anda baru bergabung di studio yoga, Anda bakal merasakan sakit, otot pegal atau sendi yang kaku selama berhari-hari. Kondisi itu adalah bentuk peradangan yang alami dan normal.

Kandungan anti-inflamasi dan senyawa curcumin di dalam kunyit bisa berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi. Penelitian pun telah menunjukkan hasil kemampuan kunyit untuk mengatasi nyeri otot dan persendian setelah berolahraga berat. Untuk membantu meringankan rasa sakit, cobalah minyak pijat kunyit, teh herbal kunyit organik, atau mengonsumsi suplemen kunyit sebagai bagian dari rutinitas Anda

2. Kunyit dapat membantu mempercepat pemulihan otot setelah latihan

Kandungan curcumin telah dipakai untuk membantu pemulihan kondisi atlet. Dari hasil studi baru-baru ini menunjukkan bahwa curcumin tidak hanya mengurangi nyeri otot, tetapi juga mengurangi kerusakan otot untuk pemulihan yang lebih cepat.

3. Kunyit detoksifikasi herbal

Meski masih dalam penelitian lebih lanjut, tinjauan studi menemukan bahwa curcumin mengandung sifat antioksidan, mendukung enzim pencernaan yang bertanggung jawab untuk membuang racun keluar dari tubuh, dan  menghasilkan beberapa perlindungan ekstra terhadap kerusakan hati.

4. Kunyit dapat meningkatkan kesehatan mental

Kunyit juga bermanfaat meningkatkan kadar neurotransmiter pengatur suasana hati seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon itu berperan dalam suasana hati dan bahkan kesehatan mental. Anda bisa membuat minuman campuran kunyit dengan lengkuas, jahe, jahe, licorice, jelatang, dan triphala yang ditanam secara organik.

5. Kunyit dapat menjaga berat badan

Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara kunyit dan menjaga berat badan. Curcumin terbukti membantu memperlambat pembelahan sel-sel lemak dan menekan pertumbuhan jaringan lemak. Selain menjaga berat badan, kunyit juga bermanfaat untuk membantu mengurangi gula darah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."