Parno Pasangan Selingkuh, Sebabnya Luka Masa Lalu dan 4 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar/berpisah. Shutterstock

Ilustrasi pasangan bertengkar/berpisah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda termasuk yang mudah curiga dengan pasangan? Atau suka menerka-nerka dalam hati kemungkinan pasangan sedang berselingkuh dari Anda. Perasaan curiga itu banyak penyebabnya, kadang disebut sebagai intuisi perempuan. Apakah benar itu dipicu intuisi semata?

Seorang konselor kesehatan mental dan pendiri situs Healing with Wisdom Kerri-Anne Brown mengungkapkan bahwa perasaan atau intuisi perempuan bisa saja benar, namun tidak selalu terbukti.

“Terkadang intuisi Anda dapat diandalkan tetapi tidak selalu. Hal-hal tidak selalu seperti yang terlihat, jadi dalam kasus ketika Anda merasa ragu, penting untuk mengomunikasikan dengan jelas kekhawatiran yang Anda miliki dan mengapa Anda mengalaminya," kata Brown seperti dilansir dari laman Elite Daily.

Dengan kata lain, naluri tidak selalu benar. Jadi, ketika Anda mulai merasakan parno pasangan selingkuh hanya berdasarkan intuisi, Anda perlu mempertimbangkan kembali dan coba mengomunikasikannya. 

Berikut ini lima hal yang menurut para ahli mungkin menjadi penyebab Anda ketakutan pasangan berselingkuh.

1. Luka Masa Lalu 

Pengalaman adalah guru terbaik. Bila Anda merasa paranoid diselingkuhi oleh pasangan, itu mungkin karena Anda pernah mengalaminya di masa lalu. Menurut Brown, pengkhianatan di masa lalu bisa menjadi sumber kegelisahan terbesar dalam hubungan Anda saat ini.

“Seseorang dapat mengalami kesulitan mempercayai pasangannya, bahkan ketika tidak ada indikasi pelanggaran kepercayaan, karena pengalaman dalam hubungan masa lalu," uangkap Brown. "Trauma antarpribadi, seperti mengalami perselingkuhan, dapat memiliki dampak yang langgeng bagi banyak orang," lanjutnya.

Mak comblang selebriti Alessandra Conti berpendapat bahwa seseorang yang telah dicurangi sebelumnya cenderung memiliki gejala post traumatic stress disorder (PTSD) di mana mereka terlalu sensitif (hipersensitif) untuk ditipu lagi karena pengalaman itu sangat menyakitkan. 

2. Merasa Tidak Aman

Hal pertama yang membuat Anda selalu khawatir, bahkan berpikir bahwa pasangan selingkuh ialah karena rasa tidak aman. Perasaan ini biasanya disebabkan oleh kejadian tak mengenakkan yang dialami sehingga mempengaruhi kepercayaan diri Anda. "Rasa tidak aman tentu bisa menjadi penyebab paranoia," ucap Brown.

Pakar hubungan Susan Winter menjelaskan bahwa perubahan bisa menakutkan dan memiliki potensi untuk menghilangkan rasa aman di dalam diri seseorang dan membuat seseorang hilang kendali atas dirinya.

"Misalnya saat Anda memiliki masalah kesehatan yang parah, hingga kehilangan pekerjaan atau orang yang dicintai. Itu dapat mempengaruhi kepercayaan diri Anda secara keseluruhan dalam suatu hubungan," ujar Winter.

Ilustrasi pasangan bermasalah. Shutterstock.com

3. Mendadak Tidak Tertarik Secara Seksual

Ketika resmi menjalin suatu hubungan biasanya Anda tertarik secara seksual dengan pasangan. Namun, pada suatu waktu Anda merasa ketertarikan seksual itu menurun drastis sehingga Anda berasumsi bahwa pasangan Anda telah selingkuh dengan orang lain.

Pelatih kencan dan pakar hubungan Nora Dekeyser mengatakan itu tidak selalu benar. "Hubungan seksual di kamar tidur tidak selalu menjadi tanda bahwa pasangan Anda tidak setia," ungkap Dekeyser. "Ini biasanya soal kesibukan sehari-hari," ujarnya.

Jika Anda ingin sesuatu kembali normal, Anda bisa berinisiatif untuk mewujudkannya. "Jangan selalu mengharapkan pasanganmu untuk memulai. Anda selalu dapat memulai!" papar Dekeyser.

4. Hubungan Jarak Jauh

Apakah Anda dan pasangan sibuk dengan urusan pekerjaan atau sekolah sehingga Anda harus menjalani hubungan jarak jauh alias Long Distance Relationship (LDR)? Jika demikian, jarak yang Anda rasakan satu sama lain mungkin hanyalah secara fisik. Namun, jika jarak itu ternyata mengganggu hubungan, Dekeyser menyarankan untuk melakukan perjalanan liburan.

"Jika itu juga tidak bisa dilakukan, satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah membuat waktu berkualitas dengan pasangan Anda," kata Dekeyser.

5. Pasangan Menjauh

Merasa pasangan Anda menjauh adalah hal yang menakutkan. Tentu hal itu membuat Anda bertanya-tanya mengapa pasangan menjauh, padahal selalu menghabiskan waktu bersama. Tentu saja jawaban yang mungkin muncul pertama kali adalah pasangan Anda berselingkuh. Namun, menurut Conti, jawaban itu tidak selalu benar.

"Tidak semua orang ingin terus berkomunikasi. Ada banyak pria dan wanita yang hanya perlu lebih banyak waktu untuk bersantai setelah hari kerja yang panjang," kata Conti. "Mungkin pasanganmu hanya membutuhkan lebih banyak ruang pribadi," tambahnya.

GALUH PUTRI RIYANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."