4 Manfaat Jalani LDR, Bukan Cuma Latih Kesabaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi hubungan jarak jauh/video chatting/calling. Shutterstock.com

Ilustrasi hubungan jarak jauh/video chatting/calling. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita menjalin hubungan jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah long distance relationship atau LDR. Entah karena salah satunya pindah tugas dari pekerjaan, sedang menempuh pendidikan, atau karena alasan masuk akal lainnya.

LDR memang banyak tidak asyiknya. Orang-orang di sekitar mungkin akan mengasihani. Atau kerap merasakan curiga atau cemburu karena jauhnya jarak. Namun, sebenarnya ada banyak manfaaat atau pelajaran berharga yang bisa Anda dan pasangan terima melalui LDR. Bahkan, ini berdampak baik bagi kelanjutan hubungan Anda.

Melansir dari laman Huffington Post dan Thought Catalog berikut sejumlah pelajaran yang bisa Anda petik dari LDR. 

1. Kesabaran dan ketekunan

Orang-orang dalam hubungan normal mungkin sering menempel pada pasangannya dan merasa kesal jika mereka tidak menerima telepon mereka atau melewatkan kencan. Hal ini sering menjadi alasan untuk beradu argumen di antara pasangan.

Tapi dalam hubungan jarak jauh, Anda perlu memberi ruang pada pasangan. Pasangan mungkin sibuk dengan hal-hal penting lainnya dan mungkin tidak dapat dijangkau oleh Anda sepanjang waktu. Juga, orang-orang yang memiliki hubungan jarak jauh perlu memiliki banyak kesabaran dalam hal mendapatkan kesempatan untuk bertemu. Anda mungkin harus menunggu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan atau bahkan mungkin melakukan perjalanan cukup jauh hanya untuk bertemu dengan orang yang dicintai.

2. Pentingnya komunikasi

Pasangan yang tinggal bersama sering tidak menyadari betapa berkomunikasi itu penting dalam hubungan. Sementara, orang yang menjalani LDR akan merasakan bahwa komunikasi jadi satu-satunya jalan agar hubungan berjalan lancar. 

Kadang-kadang Anda merasa sangat terganggu saat Wi-Fi berhenti bekerja atau menghadapi masalah konektivitas, padahal Anda ingin berbicara dengan pasangan. Anda juga suka berbagi detail setiap menit tentang kehidupan, hanya untuk membuat pasangan merasa terlibat.

3. Nilai hubungan yang tidak sempurna

Hubungan memang tidak pernah sempurna. Cinta jarak jauh mengajarkan kepada Anda bahwa tidak peduli apa pun yang terjadi, penting untuk tetap bersama meskipun jaraknya seribu mil.

Hubungan jarak jauh perlu bertahan dalam ujian waktu dan melewati banyak rintangan dalam hidup. Hal ini membuat ikatan pasangan lebih kuat seiring berjalannya waktu. Ini juga mengajarkan untuk menerima pasangan bahkan di masa-masa sulit yang pasti akan segera berakhir. 

4. Pentingnya kehadiran pasangan

Seringnya bertemu bisa membuat Anda lupa pentingnya kehadiran pasangan dalam hidupnya. Hubungan jarak jauh bisa membuat percikan cinta tetap hidup.

Mengirimkan hadiah yang disukai pasangan Anda, foto waktu yang dihabiskan bersama, atau mengirim pesan lucu satu sama lain sepanjang hari memegang tempat khusus dalam hubungan jarak jauh. Aktivitas ini membuat Anda dan pasangan merasa selalu ada dalam pikiran masing-masing.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."