7 Tips Mengatasi Payudara Sensitif selama Masa Kehamilan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi ibu hamil tidur atau bermimpi. shutterstock.com

Ilustrasi ibu hamil tidur atau bermimpi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa perubahan terjadi saat awal kehamilan, termasuk rasa pegal dan kencang pada payudara. Ini merupakan perubahan hormon untuk membuat Anda siap menyusui usai melahirkan.

Baca juga: Kiat Menjaga Berat Badan Tak Naik Drastis Selama Hamil

Payudara yang terasa sakit dianggap sebagai salah satu tanda pertama kehamilan. Gejala ini tentunya akan membuat anda tidak nyaman. Namun, jangan khawatir masalah sensitif payudara saat hamil ini masih bisa diatasi. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi masalah nyeri payudara seperti dilansir dari laman Boldsky.

#1. Memilih ukuran bra yang pas
Menggunakan bra olahraga sangat dianjurkan di minggu pertama kehamilan. Pastikan anda menggunakan bra yang pas dan tentunya ukuran yang sesuai. Ini untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, ukuran payudara anda akan terus berubah sepanjang kehamilan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk terus mengganti bra selama masa kehamilan.

#2. Memilih jenis bra
Memilih jenis bra sangat penting di masa kehamilan. Saat berolahraga ketika hamil dapat menambah berat payudara. Oleh karena itu, pemilihan bra yang bagus akan bantu mengikat dan menjaga payudara agar tetap kencang. Dianjurkan untuk memilih bahan yang nyaman seperti katun.

#3. Minum air yang banyak
Nyeri payudara saat hamil ini juga dapat diperburuk karena retensi air. Oleh karena itu, penting untuk terus meminum air putih sepanjang hari. Dengan rutin meminum air, bisa membuat gejala hormonal seperti nyeri payudara bisa berkurang. Selain itu, bisa menambahkan lemon atau jahe pada minuman anda.

#4. Kurangi konsumsi garam
Mengkonsumsi garam selama kehamilan penting untuk meningkatkan volume darah. Namun, jangan berlebihan dan harus dikurangi jika sudah mulai menunjukkan gejala nyeri payudara. 

#5. Konsumsi satu sendok makan biji rami 
Biji rami telah terbukti efektif dalam mengobati rasa sakit karena payudara sensitif. Biji rami juga merupakan sumber serat yang baik, karena itu juga dapat membebaskan dari penyakit terkait kehamilan lainnya seperti sembelit. Biji rami dapat dikonsumsi dengan mencampurnya dengan segelas air, jus buah atau yogurt.

#6. Asupan makanan bergizi
Anda dapat mengurangi nyeri atau sakit payudara dengan asupan makanan bergizi. Pastikan anda memiliki diet yang kaya mineral dan vitamin dari sayuran berdaun hijau, biji-bijian, biji-bijian dan kacang-kacangan setiap hari selama masa kehamilan.

#7. Mandi air hangat
Mandi air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Namun, dianjurkan sebelum mandi air hangat untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter. Ini untuk memastikan apakah kondisi kehamilan anda baik-baik saja jika mandi air hangat.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."