Mengenal Istilah Penting pada Label Produk Tabir Surya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi perempuan sedang memilih berbagai jenis tabir surya. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan sedang memilih berbagai jenis tabir surya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tabir surya wajib digunakan sebelum beraktivitas di luar ruangan, untuk mencegah penuaan. Namun label produk tabir surya kerap membingungkan, dan kurangnya pemahaman tentang tabir surya ini membuat kebutuhan perlindungan kulit tidak terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Foundation atau Tabir Surya yang Lebih Dulu Dipakai? Ini Tipsnya

Apakah Anda mengetahui UVA berasal dari UVB dan UVC, atau apa arti sebenarnya dari SPF? Simak penjelasannya berikut ini seperti dikutip dari laman Vogue UK.

#1. SPF
Penelitian Royal Pharmaceutical Society menemukan bahwa hanya 75 persen yang mengetahui bahwa SPF adalah singkatan dari sun protection factor. Peringkat SPF pada tabir surya Anda mengacu hanya pada perlindungan dari sinar UVB, tidak mencakup perlindungan dari sinar UVA yang berbahaya, yang biasanya ditunjukkan dengan tanda "bintang". Jumlahnya mengacu pada tingkat perlindungan yang ditawarkan, dua adalah tingkat terendah dan 50+ yang tertinggi.

#2. UVB
Sinar UVB (short wave ultraviolet B) adalah penyebab utama kulit memerah dan terbakar sinar matahari, merusak lapisan epidermis kulit dangkal dan mampu menyebabkan kanker kulit.

#3. UVA
Menurut data dari Skin Care Foundation, UVA (long wave ultraviolet A) merupakan 95 persen sinar dari radiasi UV yang mencapai permukaan bumi. Mampu menembus kulit lebih dalam daripada UVB. Sinar ini yang perlu Anda waspadai dalam hal penuaan kulit dan keriput. Tabir surya yang diberi label “board spectrum" memiliki perlindungan yang baik terhadap UVA dan UVB.

#3. UVC
Untungnya sinar UVC (short wave ultraviolet C) tidak mencapai kita, karena disaring oleh atmosfer bumi. Ini adalah jenis yang paling merusak dan berbahaya dari semua radiasi UV.

#Angka 15: Tingkat perlindungan SPF sangat terendah yang direkomendasikan oleh NHS atau Cancer Research UK, apapun jenis kulit Anda. Asosiasi Dermatologi Inggris merekomendasikan 30.

#4: Peringkat bintang paling minim yang direkomendasikan untuk perlindungan UVA selama paparan sinar matahari berkepanjangan. Penilaian berkisar dari satu sampai lima bintang, meskipun beberapa mungkin hanya mengatakan "sedang" atau "tinggi".

#2: Cancer Research UK mengukur jumlah krim tabir surya yang harus dipakai dalam takaran sendok. Sekitar dua sendok teh tabir surya untuk dipakai pada kepala, lengan dan leher, atau sekitar dua sendok makan untuk perlindungan seluruh tubuh.

#30: Jumlah menit yang Anda butuhkan untuk keluar rumah setelah memakai tabir surya.

#2-3: Tahun daya tahan masa penyimpanan tabir surya di lemari Anda. Meskipun harus memeriksa setiap botol untuk memastikan. Menyimpannya di tempat yang panas dapat merusak bahan kimia pelindungnya.

#11-3: Antara jam 11 siang sampai 3 sore, Anda harus berada di tempat teduh, hindari berada tepat di tengah hari, yang paling berisiko kerusakan akibat matahari. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."