Saran Pilihan Menu Buka Puasa buat yang Sedang Diet

Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

kesehatan

Saran Pilihan Menu Buka Puasa buat yang Sedang Diet

Senin, 20 Mei 2019 16:02 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat yang menjalankan puasa sambil diet, ada beberapa tips dalam memilih menu buka puasa. Pasalnya, Ramadan ternyata sering juga digunakan banyak wanita untuk diet.

Banyak yang memanfaatkan Ramadan sebagai bulan untuk berdiet. Tapi diet selama bulan puasa tidak bisa dilakukan seekstrem diet pada hari biasa karena jeda waktu antara sahur dan berbuka puasa yang sangat panjang sehingga bila tidak memilih menu yang memiliki nutrisi cukup, bukan penurunan berat badan yang didapat tapi bisa berujung sakit.

Untuk mengatasi permasalahan itu, mulailah memperhatikan menu makanan selama diet di bulan puasaBerikut beberapa tips untuk menu berbuka puasa buat yang diet.

Baca juga:Ahli Sarankan Ganti Menu Buka Puasa yang Manis dengan yang SehatInspirasi Menu Buka Puasa Unik, Bubur Jewawut yang Sarat Gizi

#Lauk ikan Ikan merupakan pilihan menu buka puasa yang cocok buat yang sedang diet. Para ahli kesehatan menyebutkan salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang paling baik untuk dijadikan menu buka puasa selama diet karena kedua jenis ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

Perhatikan juga cara memasaknya. Cara yang disarankan adalah dengan memanggang, membakar, atau merebus ikan tersebut. Kalau merasa tuna dan salmon terlalu mahal, bisa diganti dengan ikan gurame.

#Ganti nasi putih dengan nasi merah Mengganti nasi putih dengan nasi merah merupakan hal yang biasa dilakukan bagi orang-orang yang sedang berdiet karena nasi merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh dibandingkan nasi putih sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama. 

#Hindari makanan yang digoreng Salah satu godaan saat berbuka puasa tentu saja gorengan yang dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan, dijajakan bersama dengan takjil lain. Tapi untuk yang sedang berdiet, hindari gorengan sebagai menu buka puasa.karena makanan yang digoreng mengandung lemak yang sangat tinggi yang dapat membuat cepat mengantuk. Padahal selama bulan puasa pola hidup akan berubah, yaitu pola makan dan istirahat. Alhasil, lemak di badan justru akan semakin menumpuk. Bisa-bisa bukannya menurunkan berat badan malah menambah berat badan.

Ilustrasi wanita makan sayur. shutterstock.com

#Konsumsi makanan berserat Tips keempat untuk memilih menu berbuka puasa buat yang sedang berdiet adalah menu makanan yang mengandung banyak serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayur ini bisa dimasukkan ke dalam hidangan pembuka seperti salad atau takjil. Makanan berserat baik untuk yang sedang berdiet karena dapat melancarkan pencernaan.

#Hindari makanan instan Tips kelima dalam memilih menu makanan berbuka puasa saat berdiet adalah dengan tidak mengonsumsi makanan instan karena memiliki kadar lemak, kalori, dan natrium yang tinggi serta tambahan bahan pengawet yang ttidak baik untuk kesehatan tubuh. 

#Hindari makanan yang mengandung santan Kolak adalah satu dari banyak menu makanan bersantan yang harus dihindari sebagai menu buka puasa selama diet karena santan dapat menaikkan kadar kolestorel yang akan berujung pada meningkatnya tekanan dan kadar gula dalam darah.

TEEN