5 Hal yang Memicu Masalah Kesehatan selama Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama puasa Ramadan pola makan kita berubah. Tak sedikit yang mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Menurut dokter spesialis gizi klinik dari RSUD Cianjur, dr. Julia Dewi Mgizi, SpGK, ada 5 masalah kesehatan yang paling sering muncul selama bulan puasa yaitu penyakit lambung atau maag, dehidrasi, sembelit, gangguan pencernaan, dan radang tenggorokan.

Baca juga: Tips Mencegah Berat Badan Naik saat Puasa Ramadan

Kelima gangguan kesehatan itu umumnya muncul akibat kesalahan pola makan saat sahur dan berbuka puasa. Berikut ini kesalahan yang paling sering dilakukan saat berbuka puasa dan sahur sehingga memicu masalah kesehatan.

#1. Makan Terlalu Banyak
Menahan haus dan lapar sejak subuh hingga magrib tak jarang membuat orang membayangkan ingin menyantap aneka makanan saat buka puasa. Padahal, hal tersebut sangat tidak disarankan. Jika makan secara berlebihan saat berbuka puasa bisa menyebabkan rasa begah, mual, dan muntah. Untuk menghindarinya, makanlah secara bertahap. Misalnya dibagi dua sesi, saat berbuka puasa dibuka dengan makanan ringan dan manis. Lalu baru makan makanan berat setelah shalat tarawih.

#2. Langsung Tidur
Kewajiban makan di waktu sahur mau tidak mau mengurangi waktu tidur malam sehingga setelah selesai makan sahur kebanyakan orang memilih tidur kembali. Padahal, langsung tidur setelah makan akan memicu asam lambung kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan radang tenggorokan.

#3. Banyak Lemak, Sedikit Sayur
Gorengan, makanan bersantan, dan makanan berlemak lainnya memang sangat menggoda untuk berbuka puasa sehingga orang melupakan makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan segar. Padahal, kekurangan serat selama berpuasa dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan. Sebab serat berfungsi untuk memperbesar volume feses sehingga memperlancar BAB.

#4. Minum Minuman Berkafein
Kesalahan lain yang sering dilakukan orang selama berpuasa adalah meminum minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan minuman bersoda. Minuman berkafein dapat merangsang pengeluaran asam lambung dan memicu sering buang air kecil sehingga menyebabkan dehidrasi.

#5. Konsumsi Karbohidrat Simpleks
Saat bulan puasa, konsumsi karbohidrat simpleks yang berasal dari makanan manis dan makanan yang terbuat dari tepung biasanya meningkat drastis. Memang, Anda butuh makanan manis untuk meningkatkan kadar gula darah saat berbuka puasa. Namun ingatlah konsumsi karbohidrat simpleks yang terlalu tinggi justru menyebabkan Anda cepat lapar dan lemas.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."