Tips Merawat Kulit agar Tak Kering Selama Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wajah kering dan kusam adalah gejala kulit mengalami dehidrasi. Menjelang puasa Ramadan, sebagian orang khawatir kulit mereka akan 'kehausan' karena kurangnya asupan cairan.

Baca juga:
Ikuti Gerakan Yoga Wajah untuk Melatih Otot
Jamsu, Teknik Kecantikan Korea Bikin Makeup Tahan Lama

Jangan khawatir, meski berpuasa, sejatinya kamu tetap bisa menjaga kelembapan kulit. Dilansir dari Emirates Woman, berikut ini beberapa cara untuk merawat kulit wajah selama puasa.

# Perhatikan asupan cairan
Ilustrasi wanita berhijab minum air. shutterstock.com

Selama Ramadan, tetaplah minum selama berbuka dan sahur. Minum idealnya sekitar 2 liter sehari dan bisa dibagi menjadi empat tahap, yakni masing-masing 500 mililiter saat bangun tidur, sahur, buka puasa, dan sebelum tidur.

# Pakai pelembap 2 kali sehari
Ilustrasi penggunaan lotion. BOLDSKY
Melembapkan kulit selama bulan Ramadan juga menjadi cara penting untuk menjaga wajah agar tidak kering dan kusam. Pakailah losion atau krim pelembap setelah mandi pagi dan sebelum tidur pada wajah dan tubuh. Jangan lupa memulaskan tabir surya sebelum keluar rumah dan hindari terik matahari selama puasa.

# Hindari makeup tebal
Ilustrasi makeup

Jangan memakai makeup tebal, terutama di siang hari saat sedang puasa. Makeup seperti foundation dan concealer yang terlalu tebal kurang bagus karena kombinasi udara panas, dehidrasi, dan riasan berat dapat menyebabkan jerawat. Sebaliknya, pilih produk yang ringan dan melembapkan seperti krim BB dan lip balm dengan SPF tambahan.

# Makan sehat
Saat sahur dan buka puasa, pastikan kamu memilih sayuran seperti wortel, brokoli, selada dan bayam, karena mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan kulit. Sama juga dengan kacang dan buah-buahan, seperti stroberi dan blueberry, yang mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit.

Ilustrasi wanita makan sayur. shutterstock.com

Beberapa buah lain juga memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk kulit. Kurma merupakan sumber vitamin A, zat besi, kalium, magnesium, dan kalsium. Sedangkan aprikot kering dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."