5 Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Seorang pria Irak menyiapkan permen dan kudapan manis yang sering dijajakan menjelang bulan puasa  Ramadan di sebuah toko makanan di Najaf, Irak, Ahad, 5 Mei 2019. Umat Muslim yang tersebat di berbagai belahan dunia memiliki tradisi khas masing-masing dalam menyambut Ramadan. REUTERS/Alaa Al-Marjani

Seorang pria Irak menyiapkan permen dan kudapan manis yang sering dijajakan menjelang bulan puasa Ramadan di sebuah toko makanan di Najaf, Irak, Ahad, 5 Mei 2019. Umat Muslim yang tersebat di berbagai belahan dunia memiliki tradisi khas masing-masing dalam menyambut Ramadan. REUTERS/Alaa Al-Marjani

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Waktu berbuka puasa sangat dinantikan umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam, setiap menu makanan akan terlihat menggoda dan tentu ingin dilahap semua. 

Baca juga: Ngantuk Berat di Puasa Pertama, Mungkin Ini Sebabnya

Hal ini membuat kita makan segala jenis makanan tanpa memperhatikan manfaatnya untuk tubuh. Padahal seharusnya kita memperhatikan menu makanan untuk sahur dan berbuka selama Ramadan agar tubuh kita tetap sehat. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa.

#1. Makanan dan minuman terlalu manis
Selama ini memang sangat disarankan untuk berbuka puasa dengan menu makanan dan minuman yang manis, tapi tidak serta merta bisa mengkonsumsi seluruh menu makanan dan minuman yang manis. Makanan manis memang dapat membantu kadar gula darah naik setelah seharian puasa, namun kalau kamu salah memilih menu, hal ini justru akan berdampak buruk pada kesehatanmu. Menu makanan manis yang disarankan untuk berbuka puasa adalah buah semangka, kurma, ataupun melon.

#2. Makanan yang terlalu asin
Menu makanan lainnya yang harus kamu hindari untuk menu berbuka puasa adalah makanan yang terlalu asin. Selain karena efek jangka panjang dari makanan yang terlalu asin tidak baik, makanan yang terlalu asin akan membuatmu cepat merasa haus dan bisa membuat tubuhmu kekurangan cairan alias dehidrasi. Hal ini karena garam bisa mengikat air dari tubuh dan ditahan di sela-sela sel, sehingga cairan tidak akan tersebar ke seluruh tubuh dengan baik.

#3. Gorengan
Sebagian besar dari kita berbuka puasa dengan gorengan. Tapi sebaiknya mengurangi atau justru menghindari untuk memakan gorengan sebagai menu berbuka puasa. Hal ini karena lemak dan minyak berlebih yang terdapat dalam gorengan akan menjadi faktor utama bertambahnya timbunan lemak pada tubuhmu serta bisa mengganggu sistem pencernaan.

#4. Kopi
Bagi pecinta kopi, kalian harus menghentikan kebiasaan kalian mengonsumsi kopi untuk menu berbuka puasa nih. Mengkonsumsi kopi di waktu berbuka puasa akan mengganggu sistem pencernaanmu. Jika ingin minum kopi, tunggulah minimal 2 jam setelah waktu berbuka dan setelah kamu mengonsumsi makanan dan minuman lain. Alasannya karena di waktu-waktu itulah kadar gula darah sudah kembali dan sistem pencernaan akan lebih aman untuk menerima kopi.

#5. Makanan pedas
Kamu tidak harus berhenti mengonsumsi makanan pedas, tapi kamu harus mengurangi porsinya selama bulan puasa ini. Makanan pedas dapat mengganggu sistem pencernaanmu yang dapat berujung dengan diare. Namun disisi lain, makanan pedas juga dapat memperlancar buang air besar selama puasa, serta kandungan vitamin dan mineral dalam cabai pun baik untuk tubuhmu.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."