5 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kolesterol saat Buka Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi buah kiwi. wikipedia.org

Ilustrasi buah kiwi. wikipedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol puasa jadi momen yang baik karena lebih mudah mengawasi pola makan dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika sedang tidak berpuasa, seseorang dapat  makan hampir tiga kali sehari diiringi cemilan di selang jam makan. Namun, ketika berpuasa, secara otomatis, pola makan akan berubah menjadi waktu sahur dan jam berbuka puasa.

Baca juga: Tips Tampil Modis dengan Busana Bermotif di Bulan Ramadan

Hal ini menjadi keuntungan penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol ini, karena mempermudah pola pengaturan waktu makan dan jenis makanan dalam menu buka puasa. Beberapa jenis makanan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kolesterol. Berikut pilihan makanan yang disarankan ada dalam menu makan saat sahur dan buka puasa nanti.

1. Kiwi
Buah berkulit coklat dan berbuah hijau ini dapat mebantu menurunkan tekanan darah, seperti diungkapkan American Heart Association. Buah khas Selandia Baru ini kaya akan lutein dan mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan tekanan darah.

2. Pisang
Makanan yang mengandung potassium sangat disarankan bagi para penderita hipertensi. Beberapa makanan yang kaya dengan potassium, seperti pisang dan kacang-kacangan. Anda dapat menyantap ini sebagai cemilan sehat ketika sahur dan buka puasa.

3. Tahu
Makanan dengan kandungan kedelai seperti tahu, tempe, edamame dan miso ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan isoflavones di dalamnya membuat tekanan darah sistolik tetap rendah dan stabil, seperti dijelaskan American College of Cardiology.

4. Cokelat
Kandungan flavanol dalam cokelat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Namun Dr. Karin Ried dari University of Adelaide mengungkapkan bahwa coklat hanya akan menurunkan tekanan pada penderita tekanan darah tinggi, bukan mereka yang memiliki tekanan darah normal.

5. Semangka
Selain memiliki kandungan air yang sangat baik buat tubuh, ternyata buah lezat ini dapat menurunkan tekanan darah melalui kandungan asam amino berjenis L-citrulline atau L-arginine seperti dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Florida State University.

AURA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."