Agar Tidak Pusing Mengatur Uang Belanja saat Ramadan, Ini Kiatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi ibu dan anak berbelanja. shutterstock.com

Ilustrasi ibu dan anak berbelanja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang bulan suci Ramadan, persiapan para ibu dalam mengatur persediaan sembako selama sebulan juga harus dibahas. Selain dianggap sentral untuk kelancaran puasa, ini ada kaitannya dengan belanja bulanan.

Aktivitas rutin bulanan sudah barang tentu  menjadi satu titik penting yang harus disiasati. Pasalnya, setiap kali menjelang puasa dan Lebaran, harga barang melesat tajam. Kalau tidak hati-hati, risikonya dapur pun tidak bisa ngebul.

Tapi, dengan ketelitian dan pengaturan pengeluaran selektif mungkin, anggaran makanan bulanan selama bulan puasa bisa teratasi dengan baik. Artikel tentang belanja bulanan secara hemat juga bisa diakses para ibu yang ingin Ramadan bisa berlangsung mulus. Berikut beberapa cara menghemat.

Baca juga:
Selama Ramadan, Dewi Sandra Akan Fokus ke Ibadah
Soraya Larasati Berbagi Tips Olaharaga saat Puasa Ramadan

#Lakukan pencatatan
Persiapan belanja dan barang-barang apa saja yang akan dibeli sudah bisa dilakukan seminggu sebelum belanja bulanan. Survei di koran atau internet soal diskon juga sangat membantu dalam menyusun daftar belanja. Lebih efektif lagi kalau Anda membuat daftar menu bulanan.

#Belanja sendiri
Belanja dengan anak-anak memang menyenangkan. Tapi belanja bulanan jadi terasa lebih mahal kalau melakukannya bersama anak-anak. Kalau belanja bersama anak-anak jadinya lebih mahal karena mereka biasanya minta jajan.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."