Membacakan Dongeng Anak Juga Bisa Lewat Gawai tapi Ada Syaratnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak dan orang tua bermain gadget. itechgadget.com

Ilustrasi anak dan orang tua bermain gadget. itechgadget.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di era teknologi seperti sekarang, penggunaan gawai memang tidak bisa dipisahkan dari anak. Namun, orang tua tidak harus menghentikannya secara paksa tapi bisa menyiasatinya dengan mengajaknya membaca dongeng menggunakan gawai tersebut.

"Anak-anak zaman sekarang sudah sangat mengenal gawai sejak kecil. Sebenarnya, selama digunakan dengan benar, gawai bisa dimanfaatkan untuk kebaikan," kata psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Artikel terkait:

Susan Bachtiar Bisa Mengulik Perasaan Anak lewat Mendongeng

Kegiatan membacakan dongeng memiliki manfaat luar biasa untuk anak, seperti menjalin kedekatan, menumbuhkan rasa percaya diri, meningkatkan kreativitas, serta menanamkan nilai-nilai positif. Begitu juga saat membaca dongeng menggunakan gawai, ada interaksi yang akan terjalin, apalagi jika ditambah dengan memberikan sentuhan kepada anak.

"Saat membacakan sebuah dongeng di gawai, ibu sebaiknya tetap menemani anak, menciptakan interaksi dengan anak dan mengajaknya menikmati membaca dongeng bersama. Jangan lupa berikan anak sentuhan ibu dengan menggendong, memangku, ataupun membelainya untuk meningkatkan kelekatan dengan anak," jelas Vera.

Ilustrasi ibu dan anak dengan gawai. shutterstock.com

Namun, ada yang harus diperhatikan saat mengajak anak membaca dongeng dengan gawai, seperti tidak membiarkannya membaca sendirian dan juga mengatur waktu berapa lama kegiatan tersebut dijalankan.

"Anak enggak boleh buka atau membacanya sendiri, harus tetap ada interaksinya. Fokus pada dongeng yang dibaca, matikan dulu notifikasi-notifikasi lain. Kan kalau baca e-book bisa download dulu baru baca," ujar Vera.

Dia melanjutkan, "Tentukan dongeng apa yang mau dibaca dan aktivitasnya apa. Kita tentukan dulu berapa lama, 30 menit misalnya. Jadi kita sama anak main gadget 30 menit. Setelah baca dongeng, gadget-nya dimatikan lagi, bukan malah jadi pintu untuk buka-buka ke yang lain."

Vera juga menyampaikan jika orang tua bisa memberikan tantangan pada anak untuk bergantian menceritakan apa yang dia baca.

"Bisa gantian ceritanya, si anak. Kita tantang si anak untuk mengubah cerita. Tapi ada masa si anak mau cerita yang itu-itu saja. Intinya aktivitas membaca dongeng ini interaksinya," kata Vera.

Baca juga:
5 Alasan Orang Tua Harus Membaca Bersama Anak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."