Susan Bachtiar Bisa Mengulik Perasaan Anak lewat Mendongeng

Artis Susan Bachtiar mengunggah fotonya usai mencoblos pada Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua. Instagram.com

keluarga

Susan Bachtiar Bisa Mengulik Perasaan Anak lewat Mendongeng

Minggu, 16 Desember 2018 14:44 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Susan Bachtiar menggunakan dongeng untuk mengetahui perasaan anaknya, terutama bila dia sedang memiliki masalah. Susan mengatakan kalau dia dan anaknya, Tristan Van Tongeren, membaca buku bersama setiap malam.

Susan juga suka membuat cerita dan karakter sendiri saat sedang mendongeng ke anaknya. Ia mengatakan suka mendongeng  karena bisa tahu perasaan anaknya.

Artikel terkait:Susan Bachtiar Bagi Waktu Keluarga dan Kerja dengan Satu KataHari Guru, Siapa Saja Selebriti yang Pernah Menjadi Guru?

“Misalnya aku sedang mendongeng menggunakan tokoh binatang, tetapi binatang itu dia (Tristan). Saat selesai cerita, dia langsung cerita balik dan mengungkapkan apa yang dirasakan di sekolah dengan menggunakan karakter binatang,” jelas Susan Bachtiar di Jakarta Pusat, Kamis, 13 Desember 2018.

Ternyata, Tristan juga menggunakan karakter binatang untuk menceritakan kejadian-kejadian di sekolah kepada ibunya. Tidak hanya itu, mendongeng dan membaca buku cerita juga menjadi cara wanita berusia 45 tahun ini menghabiskan waktu berkualitas dengan anak satu-satunya.

“Saya selalu membacakan buku di malam hari, karena menurut saya malam hari adalah waktu berkualitas saya dengan anak,” lanjut Susan.

Baca juga:Trik Susan Bachtiar Ajak Anak Jalan-jalan

Pada awalnya, Susan membacakan buku untuk anaknya. Lalu, ia dan Tristan membaca buku bersama. Akhirnya, Susan meminta anaknya untuk menceritakan kembali dongeng yang dia baca.

Dengan metode ini, Susan mendorong anaknya untuk bisa menceritakan kembali kisah yang dia baca. Dia berharap anaknya bisa lebih terbuka dengan menceritakan perasaannya dan kegiatannya saat di sekolah.