8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Produk Kecantikan

Ilustrasi mencoba produk kosmetik. Boldsky

kecantikan

8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Produk Kecantikan

Selasa, 30 April 2019 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara untuk membeli produk kecantikan, bisa di toko kecantikan atau yang paling digemari saat ini adalah melalui cara online. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempertimbangkan semua aspek pemakaiannya.

Baca juga: Saran Dokter buat yang Ingin Membeli Produk Kecantikan

Ini karena, jika salah membelinya dapat menimbulkan risiko pada kulit seperti iritasi dan kerusakan kulit. Melansir laman Boldsky, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli produk kosmetik.

#1. Ketahui Jenis Kulit Sebelum memilih produk, kamu harus selalu memeriksa apakah produk tersebut sesuai dengan jenis kulit atau tidak. Hal ini sangat penting, pasalnya jika tidak sesuai jenis kulit dapat menimbulkan terjadinya ruam atau alergi kulit.

#2. Cek Harga Hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan sebelum membeli produk makeup adalah harga produk. Menghabiskan terlalu banyak atau terlalu sedikit pada produk kosmetik tergantung pada kualitas dan mereknya. Cek kembali produk makeup yang diingkan dan putuskan apakah layak mengeluarkan sejumlah uang untuk produk tersebut atau tidak.

#3. Cek bahan-bahan Sangat penting untuk memeriksa bahan yang ada di dalam produk makeup, karena terkadang mungkin saja ada bahan yang tidak baik untuk kulit. Misalnya saat memilih toner, pilihlah yang tidak mengandung alkohol di dalamnya. Toner dengan alkohol dalam jumlah besar dapat membuat kulit jadi kering dan memicu munculnya jerawat. Selalu periksa bahan yang digunakan agar tidak merusak atau memperburuk kondisi kulit.

#4. Pertimbangkan wewangian di dalamnya Para ahli mengatakan bahwa selalu hindari kosmetik yang mengandung wewangian, karena ini menunjukkan bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan produk. Kosmetik tanpa aroma dan warna buatan mungkin jauh lebih efektif dan lebih baik dari pada kosmetik dengan wewangian buatan.

#5. Cek label Selalu periksa tag atau label produk kosmetik yang menyebutkan apakah produk itu herbal, organik atau alami. Produk dengan label organik tidak ada bahan kimia di dalamnya. Jangan sampai tertipu dengan labelnya tanpa memeriksa ulang daftar lengkap bahan yang digunakan.

#6. Sesuaikan warna kulit Saat memilih foundation atau concealer, sangat penting untuk mempertimbangkan warna kulit. Selalu gunakan tester apakah sesuai dengan warna kulit atau tidak.

#7. Lakukan tes Pastikan membeli produk kosmetik dari toko yang memungkinkan Anda mengembalikan produk yang tidak disukai. Melakukan pengujian produk makeup penting sebelum menggunakannya. Jika ternyata pilihan Anda bukan produk ini, Anda bisa mengubahnya dalam beberapa hari setelah pembelian. Simpan kemasannya dan cobalah untuk mengganti atau segera mengubahnya.

#8. Membaca ulasan Tip ini sangat penting untuk dipertimbangkan, karena dapat membantu Anda untuk mengambil pilihan yang tepat untuk produk kosmetik. Periksa ulasan produk dari yang pernah memakainya untuk mengetahui apakah produk itu bagus atau tidak. Anda dapat mengetahui cara kerja produk yang lebih baik