Pentingnya Kolaborasi dan Lingkungan dalam Mendidik Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi keluarga. Shutterstock

Ilustrasi keluarga. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cara mendidik anak yang baik tak hanya dari diri sendiri atau keluarga, tapi juga memastikan orang-orang sekitar juga bisa mendidik anak kita dengan baik. Walaupun orang tua atau keluarga yakin cara mendidik mereka sudah baik, belum tentu orang di sekitar memiliki cara mendidik yang sama baiknya. Karena itu, kolaborasi dan komunitas menjadi suatu hal yang penting untuk mendidik anak.

“Kita butuh satu kampung untuk mendidik satu anak. Kalau keluarga kita sudah baik, jangan egois karena tetangga akan mendidik anak kita juga,” tutur Septi Peni Wulandani, pendiri Institut Ibu Profesional di Acara Inspirasi Perempuan untuk Indonesia di Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2019.

Baca juga:
Manfaat Jangka Panjang Anak Sering Bereksplorasi di Alam Bebas

Dia mengingatkan semua ibu, kalau ilmu yang baik itu harus disebarkan. Mendidik anak bukan hanya dari orang tua atau guru, tapi bisa juga dari tetangga atau teman.

“Karena itu, edukasi yang berbasis komunitas itu penting sekali. Mengajarkan masyarakat untuk tidak saling iri, tidak saling julid, tapi saling membantu,” lanjut Septi.

Dia menekankan setiap orang memiliki ilmu yang berbeda. Namun saat ilmu tersebut dibicarakan dan dikolaborasikan, hal tersebut bisa menjadi kekuatan yang luar biasa.

Jadi, jangan hanya mementingkan anak dan keluarga sendiri. Memastikan kalau tetangga dan orang-orang sekitar memiliki kesejahteraan yang sama itu akan membantu untuk mendidik anak dengan baik.

Artikel lain:
Tekanan Darah Anak Tinggi saat Diperiksa, Mungkin Ini Sebabnya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."