Memahami Usia yang Pas Anak Belajar Renang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi Berenang. mojesanje.si

Ilustrasi Berenang. mojesanje.si

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang tua berharap anak-anak mereka mempunyai kemampuan berenang yang baik. Selain bekal untuk menjaga keselamatan diri, berenang juga menjadi kegiatan fisik yang baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh anak.

Namun, orang tua kerap merasa ragu dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan anak dengan kolam renang. Jika sistem pengamanan dan pengawasan sudah diterapkan dengan baik, tidak ada alasan bagi orang tua untuk merasa takut untuk memperkenalkan anak untuk mulai belajar berenang sedini mungkin. Apalagi, Akademi Pediatri Amerika menyatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mengajarkan anak berenang sebelum usia 1 tahun memberikan risiko tenggelam pada anak.

Baca juga:
Renang Olahraga Sehat, Ini Saran Pelatih buat yang Ingin Belajar

"Jika anak-anak menikmati saat berada di dalam air sebelum ulang tahun yang pertama, kursus di dalam air mungkin bisa membantu bayi terbiasa berada di dalam air," jelas Akademi Pediatri Amerika.

Namun, ditekankan pula bahwa bahwa Anda tidak perlu memaksa anak berenang sedini mungkin seperti halnya yang dilakukan Michael Phelps, mantan atlet renang kebanggaan Amerika Serikat yang telah meraih 28 medali Olimpiade, termasuk 23 emas.

Phelps telah mengenalkan kedua anaknya yang berusia 3 dan 1 tahun dengan kolam renang sejak berusia 3-4 bulan. Yang perlu diingat, setiap anak mempunyai kecenderungan berbeda dan tidak ada gunanya memaksa bayi masuk ke dalam air jika mereka tidak menikmatinya.

Artikel lain:

Kiat Menjaga Keselamatan Anak di Kolam Renang

Jika anak di usia bayi terlihat tidak nyaman saat berada di air, Anda bisa menunggu sampai anak berusia 4 tahun untuk mulai memperkenalkan mereka pada kegiatan di kolam renang.

Akademi Pediatri Amerika juga menjelaskan, "Umumnya pada usia empat tahun anak cenderung lebih siap menerima pelajaran berenang, termasuk keterampilan dasar mengenai keselamatan di air seperti cara mengapung, menginjak air, dan keluar dari kolam sendiri."

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."