Cara Memakai Eyeliner Sesuai dengan Bentuk Mata

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Sabtu, 6 April 2019 14:45 WIB
Cara Memakai Eyeliner Sesuai dengan Bentuk Mata

CANTIKA.COM, Jakarta - Makeup mata kadang cukup menyita waktu bagi para pemula yang belum terbiasa. Terutama ketika mengaplikasikan eyeliner. Biasanya ketika mengaplikasikan Anda cukup dengan menarik garis lurus eyeliner pada kelopak mata.

Baca juga: Tips Makeup 5 Cara Memperbaiki Eyeliner yang Berantakan

Padahal ini bukanlah satu-satu cara untuk menerapkan eyeliner pada mata. Bentuk mata kita berbeda-beda jadi sudah seharusnya saat mengaplikasikan eyeliner juga menyesuaikan dengan bentuknya. Dari bentuk mata kita dapat menentukan eyeliner yang sesuai digunakan.

Eyeliner yang diterapkan dengan benar tidak hanya akan meningkatkan efek dramatis mata Anda, tapi juga menambah keindahan fitur wajah Anda yang lain. Setelah mengetahui bentuk mata Anda, ikuti cara mengaplikasikan eyeliner berikut ini, seperti dilansir dari Times of India.

#1. Mata lebar
Bentuk mata ini dapat terlihat indah dengan bentuk eyeliner apapun. Tapi ada satu hal penting yang bisa dilakukan untuk mendekatkan mata yang lebar. Sejajarkan garis bulu mata bagian atas dan bawah dengan eyeliner sedekat mungkin dengan pembuluh air mata dalam. Ikuti dengan melentikkan kedua kedua garis bulu mata di sudut luar. Jangan lupa untuk mewarnai garis bulu mata yang lebih rendah dengan sikat eyeshadow kecil untuk memberi kedalaman dan definisi pada mata Anda.

#2. Mata almond
Wanita dengan mata berbentuk almond juga dapat menggunakan tampilan eyeliner apapun karena bentuk mata mereka yang unik. Namun, tampilan yang ideal adalah eyeliner bersayap. Mulailah dengan melapisi sudut dalam mata Anda dan perlahan-lahan naikkan ketebalannya. Eyeliner harus tebal dari sudut tengah sampai ke luar matamu, sehingga mengarah ke sayap kecil di ujungnya.

Ilustrasi mengguakan eyeliner. Unsplash/Matt Seymour

#3. Mata berpelupuk atau hooded eyes
Untuk menonjolkan mata berpelupuk cobalah eyeliner bergaya mata kucing yang memanjang. Jagalah eyeliner tetap tebal karena tampilan ini akan memberikan pandangan dan definisi paling banyak pada mata Anda. Anda bisa membuat mata Anda tampak lebih besar dan indah dengan mengikuti trik cepat ini. Saat menerapkan eyeliner buatlah lebih tebal di bagian tengah dan lebih tipis di ujung.

#4. Upturned eyes
Bentuk mata ini biasanya bagian sudut luar ujungnya sedikit naik ke atas, sehingga sangat mudah untuk membuat eyeliner bersayap. Sangat mirip dengan mata berbentuk almond, bedanya adalah proporsi kelopak atas dan bawah yang tidak rata. Dengan menonjolkan sudut bawah luar dapat menyeimbangkan efek mata yang terlihat naik. Aplikasikan eyeliner memanjang pada bulu mata atas, dan bulu mata bawah jangan sampai ke saluran air mata dalam.

#5. Downturned eyes
Bentuk mata ini cenderung menurun. Seimbangkan bentuk mereka dengan membuat efek mata lebih naik. Aplikasikan eyeliner seperti biasa, tambahkan sedikit jentikan ke arah sudut luar untuk membuat mata tampak tajam dan memanjang. Teknik yang dilakukan makeup artist untuk membuka mata berbentuk seperti ini adalah dengan mencerahkan sudut bagian dalam menggunakan eye shadow atau pensil yang mengilap. Eyeliner berwarna nude juga bisa digunakan untuk melapisi garis bulu mata bagian bawah untuk menciptakan ilusi mata yang lebih besar.