Tips Makeup Mempertegas Mata tanpa Gunakan Eyeliner

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yunia Pratiwi
Sabtu, 9 Februari 2019 15:00 WIB
Tips Makeup Mempertegas Mata tanpa Gunakan Eyeliner

CANTIKA.COM, Jakarta - Eyeliner biasanya menjadi andalan para wanita untuk mempertegas bagian mata. Namun, tahun ini tren makeup bergeser, wanita lebih senang tampil sederhana. 

Baca juga: Tren Makeup Maskara dan Eyeliner Biru buat Perempuan Indonesia

Begitu juga dengan penggunaaan eyeliner yang mulai ditinggalkan. Bagi pemilik mata kecil tak perlu kecil hati, kamu tetap bisa mempertegas bagian mata dengan beberapa trik berikut ini.

1. Eyeshadow
Ketika Anda enggan mengaplikasikan eyeliner maka penggunaan eyeshadow tak boleh terlewatkan. Menurut makeup artist, Barry Irawan, eyeshadow dapat memberikan definisi tegas pada mata. Untuk tampilan wajah yang segar ala wanita Korea, gunakan eyeshadow berwarna cerah seperti oranye, merah muda, dan cokelat muda. “Untuk bagian lekukan kelopak mata, gunakan warna yang lebih gelap. Tujuannya, memberikan efek tegas di mata,” ujarnya.

2. Glitter
Glitter menjadi item riasan populer tahun ini. Untuk riasan mata tanpa eyeliner, Anda bisa membubuhkan glitter di bagian kelopak mata untuk memberi kesan segar. “Riasan akan terlihat lebih segar dan bersih jika tanpa eyeliner. Glitter dan maskara memberikan definisi segar yang berbeda pada mata tanpa kesan berlebihan,” ujar makeup artist dari Lanegie, Cat Koh.

3. Maskara
Selain memberi kesan lebat pada bulu mata, maskara dapat menimbulkan efek garis hitam samar di mata sebagai pengganti eyeliner. Barry menyarankan Anda menggunakan maskara dari pangkal bulu mata. “Gunakan maskara dari pangkal bulu mata. Bukan dari tengah. Jadi pastikan maskara menyentuh pangkal bulu mata agar terlihat lebat dari akarnya. Kalau bulu mata terlihat lebat dan lentik, otomatis mata tampak lebih terbuka” ujar Barry.

4. Bulu mata palsu
Jika bulu mata masih terlihat tipis padahal, telah menggunakan maskara, Anda bisa memakai bulu mata palsu yang natural untuk membangun kesan lebat. Jika ingin tampil dengan riasan glamor, maka Anda bisa memilih bulu mata yang lebih tebal.

5. Highlighter
Aplikasikan highlighter di pangkal mata. Selain membangkitkan kesan lebih segar, highlighter membuat mata Anda terlihat lebih lebar. Anda bisa menggunakan highlighter berwarna putih atau kekuningan untuk bagian mata. Jika tak ingin memakai highlighter, gunakan eyeshadow berwarna putih.

6. Warna terang di daerah waterline
Selain kelopak mata, bagian waterline mata juga harus dipoles eyeshadow agar mata terlihat lebih segar. Namun warnanya harus terang. “Tidak hanya putih, Anda bisa menggunakan warna krem untuk bagian waterline," tambah Cat Koh.

7. Concealer
Jika tampilan makeup mata sudah sempurna tapi kantung mata masih tampak gelap, samarkan dengan concealer. Dengan demikian, mata terlihat segar, lebih lebar, dan wajah Anda pun tampak flawless. 

AURA