6 Gerakan Otot Kaki untuk Mengikis Lemak di Betis

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yunia Pratiwi
Jumat, 15 Maret 2019 07:00 WIB
6 Gerakan Otot Kaki untuk Mengikis Lemak di Betis

CANTIKA.COM, Jakarta - Tumpukan lemak di area tubuh memang menyebalkan. Tak hanya di perut, paha, atau lengan, tumpukan lemak di area betis menyebabkan tubuh nampak tak proporsional. 

Baca juga: Mengurangi Lemak Membandel dengan Cryolipolysis, Apa Itu?

Tak heran jika sebagian perempuan mengeluhkan tumpukan lemak di area betis dan merasa kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa gerakan olahraga untuk mengencangkan otot kaki berikut ini.

#1. Gerakan Leg touch and hop
Gerakan satu ini juga efektif membakar lemak di betis. Awali dengan mengangkat kaki kanan ke belakang. Tekuk lutut kiri dan sentuh lantai dengan jari-jari tangan kanan. Pastikan posisi punggung tetap lurus, sejajar dengan lantai. Ayunkan kaki kanan dan lengan kiri untuk kembali pada posisi berdiri. Lalu lompat dengan menekuk lutut kanan di depan dada dan lengan kiri menekuk di sisi tubuh. Ganti posisi kaki dan tangan. Ulangi hingga 15 kali pada masing-masing kaki.

#2. Fast feet

Gerakan Fast Feet. Tabloidbintang.com/Shape

Sesuai dengan namanya, kunci gerakan ini ada pada kecepatan. Gerakan yang sering dipraktikkan para atlet sepak bola ini bermanfaat mengencangkan betis dan melenturkan pinggul. Mulai dari berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Tekuk kedua lutut. Lari di tempat secepat mungkin seolah Anda menginjak lantai yang panas. Posisikan kedua lengan menekuk di sisi tubuh. Lari secepat mungkin selama 30 detik. 

#3. Side to side jump Gerakan Side to side jump. Tabloidbintang.com/Top Me

Gerakan ini adalah salah satu variasi melompat ini melatih kardiovaskular karena meningkatkan detak jantung. Selain, tentunya mengikis lemak di betis. Cara melakukannya, berdiri tegak dan rapatkan kedua kaki. Kemudian lompat dengan dua kaki ke kiri lalu ke kanan. Ayunkan kedua lengan untuk mendorong tubuh melompat.Lompatlah selama 30 detik.

#4. Gerakan Hip Extension with Circle Gerakan Hip Extension with Circle. Tabloidbintang.com/Human Trainer 

Langsung menyasar otot betis, gerakan ini mengikis dan melenturkan otot area kaki bawah itu. Cara melakukannya, berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Posisikan kedua tangan memegang pinggul. Angkat kaki kiri ke belakang hingga otot bokong terasa tertarik. Arahkan jari-jari kaki kiri ke bawah. Pastikan punggung tetap tegak. Putar jari-jari kaki kiri searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan selama 5 kali pada masing-masing arah dan ganti kaki. 

#5. Plank with knee dip

Gerakan Plank with Knee Dip. Tabloidbintang.com/Style Craze

Melatih otot tangan dan kaki bisa dilakukan lewat plank with knee dip. Mulai dari posisi plank. Tumpukan tubuh pada kedua lengan bawah, telapak tangan, dan jari-jari kaki. Posisikan punggung lurus dan pandangan menghadap ke bawah. Turunkan lutut kanan sampai menyentuh lantai dan kembalikan pada posisi semula. Lakukan secara bergantian dengan lutut kiri. Ulangi hingga 15 kali pada masing-masing kaki. 

#6. Plie Calf RaiseGerakan Plie Calf Raise. Tabloidbintang.com/Youtube

Gerakan ini menyasar otot betis, paha, dan bokong sekaligus. Awali dari berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Turunkan badan seperti melakukan squat. Pastikan punggung tetap tegak. Rentangkan kedua tangan ke depan, dengan tangan kiri memegang punggung tangan kanan. Jinjit dan seimbangkan tubuh. Turunkan tumit secara perlahan sampai hampir menyentuh lantai dan angkat kembali. Ulangi hingga 15 kali. 

AURA